PERANCANGAN FLASHCARD KARIKATUR FISIKAWAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SISWA SMP
Abstract
Materi Fisika dalam pelajaran IPA pada jenjang sekolah menengah pertama (SMP) memuat konsep dasar dan teori mengenai energi dan perubahannya yang dicetuskan oleh para fisikawan. Salah satu kesulitan siswa SMP dalam pembelajaran Fisika pada pelajaran IPA yaitu kesulitan penguasaan konsep dasar. Hal ini disebabkan karena kurangnya media pembelajaran yang menarik dan melibatkan keaktifan interaksi siswa sehingga menyebabkan siswa mudah bosan dan sulit memahami materi. Untuk itu diperlukan adanya inovasi alat bantu media pembelajaran yang dapat memudahkan siswa dalam memahami konsep dasar Fisika. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan 5W+1H, dengan menggunakan metode Design Thinking sebagai metode perancangan media flashcard. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran berupa flashcard yang menampilkan 12 karikatur fisikawan beserta teorinya yang dikemas dengan tampilan menarik. Hasil validasi oleh ahli materi dan ahli media mendapatkan skor berturut-turut sebesar 97% dan 92% yang tergolong sangat baik dan valid. Hasil uji coba flashcard terhadap siswa SMP kelas VII sampai IX yang mana merupakan target audiens dari flashcard ini mendapatkan respon positif baik dari segi materi maupun visual media. Kata Kunci: Flashcard, Karikatur, Fisikawan, Media Pembelajaran, Fisika.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2022-07-08
How to Cite
Putri, S. S., & Kristiana, N. (2022). PERANCANGAN FLASHCARD KARIKATUR FISIKAWAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SISWA SMP. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 3(3), 30–44. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/48083
Issue
Section
Articles