PERANCANGAN MEDIA PROMOSI NANISTIKA HOMEMADE BAKERY

  • Arsya Inzaghi Febrian Universitas Negeri Surabaya
  • Hendro Aryanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Persaingan bisnis semakin ketat, terlebih bagi UMKM dan UKM di Indonesia. Salah satu persoalan yang kerap dirasakan oleh pelaku usaha kecil ialah pada saat mereka hendak mempromosikan produknya, sebagaimana yang dirasakan oleh Nanistika Homemade Bakery. Hal ini terjadi akibat keterbatasan sarana dan kurangnya kemampuan dalam membuat media promosi yang menarik dan efektif. Sehingga untuk dapat bertahan, Nanistika Homemade Bakery memerlukan inovasi dalam melakukan promosinya. Di era kini kegiatan promosi tidak terbatas pada media konvensional saja, tetapi juga dapat dilancarkan melalui media digital, salah satunya media sosial. Penelitian ini mempunyai tujuan akan pemahaman mengenai konsep, proses, serta visualisasi media promosi sebagai upaya meningkatkan penjualan Nanistika Homemade Bakery. Metode penelitian kualitatif diterapkan dalam proses pengumpulan data, sedangkan teknik SWOT digunakan sebagai metode analisis data. Hasil perancangan dalam penelitian ini merupakan media promosi through the line berupa status dan Katalog WhatsApp sebagai media primer, serta media promosi berjenis below the line berupa media cetak yakni banner, flyer, dan kartu nama sebagai media sekunder. Kata Kunci: Media Promosi, Nanistika Homemade Bakery, Media Sosial
Published
2022-07-08
How to Cite
Febrian, A., & Aryanto, H. (2022). PERANCANGAN MEDIA PROMOSI NANISTIKA HOMEMADE BAKERY. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 3(3), 208-220. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/48146
Section
Articles
Abstract Views: 348
PDF Downloads: 678