Analisis Sentimen dan Pemeringkatan Popularitas Tempat Wisata dengan Naïve Bayes dan AHP

  • Rohmatul Hasanah Program Studi Sistem Informasi, Universitas Negeri Surabaya
  • Wiyli Yustanti Program Studi Sistem Informasi, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Analisis Sentimen, Naive Bayes, Analytic Hierarchy Process, Klasifikasi, Pemeringkatan

Abstract

Kabupaten Banyuwangi terkenal akan keindahan alamnya. Kabupaten Banyuwangi juga memiliki banyak tempat wisata yang menarik wisatan lokal maupun internasional. Penelitian ini dilakukan untuk melakukan analisa sentimen terhadap tanggapan wisatawan mengenai tempat wisata untuk mengetahui sentimen wisatawan terhadap tempat wisata. Tanggapan yang akan dianalisa diambil dari Tripadvisor dan Twitter menggunakan teknik scrapping. Data yang digunakan adalah 50 data tempat wisata, beserta data sumber mengenai 50 tempat wisata tersebut. Hasil dari analisa sentimen dapat dimanfaatkan dalam pemeringkatan popularitas tempat wisata. Algoritma yang digunakan untuk analisis sentimen dalam penelitian ini adalah Naïve Bayes. Nilai akurasi tertinggi dari model yang dihasilkan adalah 70%. Kemudian, dilakukan evaluasi terhadap model dan menghasilkan nilai akurasi sebesar 74%, presisi sebesar 61%, dan recall sebesar 55%. Pemeringkatan dilakukan menggunakan algoritma Analytic Hierarchy Process. Kriteria yang dinilai dalam pemeringkatan adalah tagar Twitter, tagar Instagram, rating Tripadvisor, review Tripadvisor, dan presentase sentimen. Kriteria presentase sentimen memiliki bobot paling tinggi yakni sebesar 43,8%. Sedangkan kriteria dengan bobot paling rendah adalah tagar Twitter dengan nilai sebesar 5,3%. Hasil Penghitungan rasio konsistensi adalah sebesar 0,09 dan dapat dinyatakan valid

Published
2021-01-29
Section
Articles
Abstract Views: 528
PDF Downloads: 502