Analisis Kualitas Layanan Dan Perancangan Website PT. Pelabuhan Indonesia III Menggunakan Metode Webqual

  • Muhammad Iltizam Idharuddin Program Studi Sistem Informasi, Universitas Negeri Surabaya
  • Dedy Rahman Prehanto Program Studi Sistem Informasi, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Kepuasan Pengguna, Kualitas Website, Webqual 4.0, Website Pelindo, Perancangan

Abstract

Pemanfaatan website diperlukan organisasi atau perusahaan sebagai sarana informasi kepada masyarakat umum maupun stakeholder perusahaan. PT. Pelabuhan Indonesia III merupakan salah satu perusahaan yang memperoleh manfaat penggunaan situs website sebagai metode penyampaian informasi dan data terhadap masyarakat. Namun berdasarkan hasil traffic overview pada SimilarWeb, website PT. Pelabuhan Indonesia III mengalami penurunan dalam jumlah pengunjung. Oleh karena itu, evaluasi terhadap kualitas website PT. Pelabuhan Indonesia III diperlukan untuk mengetahui kekurangan dan permasalahan website. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui elemen apa yang memengaruhi kualitas layanan situs website. Teknik evaluasi yang digunakan untuk menentukan kualitas layanan situs website yaitu dengan metode Webqual 4.0. Data penelitian didapatkan dari 120 responden yang telah ditentukan berdasarkan rumus slovin dengan syarat pernah berinteraksi dengan website PT. Pelabuhan Indonesia III. Hasilnya menunjukkan bahwa kualitas layanan secara menyeluruh memengaruhi kepuasan pengguna website PT. Pelabuhan Indonesia III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji T, faktor yang secara signifikan mempengaruhi variabel kepuasan pengguna, yaitu faktor information quality dengan nilai signifikansi sebesar 0,003 dan faktor service interaction quality dengan nilai signifikansi 0,000. Berdasarkan hasil penelitian, diberikan rekomendasi perbaikan berupa Hierarchy Process, DFD (Data Flow Diagram), CDM (Conseptual Data Model) dan Interface (Tampilan Website) yang mengacu pada elemen information quality dan elemen dari service interaction quality.

Published
2021-02-06
Section
Articles
Abstract Views: 394
PDF Downloads: 426