Analisis Kesesuaian Tugas Teknologi Pembelajaran Daring Terhadap Lingkungan Sosial pada Masa Pandemi Covid-19

  • Rahadian Bisma Program Studi Sistem Informasi, Universitas Negeri Surabaya
  • Ghea Sekar Palupi Program Studi Sistem Informasi, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: pembelajaran daring, task-techonology fit, structural equation model (SEM), Covid-19

Abstract

Terjadinya pandemi Covid-19 mengakibatkan banyak sektor terganggu, salah satunya yaitu sektor pendidikan. Sehingga, proses pembelajaran harus dilakukan secara daring atau virtual. Hal tersebut membuat teknologi informasi bukan lagi hanya menjadi alat pendukung dalam pembelajaran, melainkan menjadi sebuah komponen utama agar proses pembelajaran tetap berjalan. Tetapi, penerapan teknologi informasi dalam pembelajaran daring/virtual masih memiliki kelemahan, yaitu kesadaran mahasiswa terhadap kesesuaian teknologi pembelajaran virtual dengan lingkungan sosial. Pembelajaran virtual yang telah diterapkan belum tentu semuanya efisien saat digunakan karena adanya keterbatasan untuk memperoleh, mengolah, dan menginformasikan data. Oleh karena itu, dengan adanya pengukuran kesesuaian teknologi media pembelajaran virtual dapat mencapai tingkat kesesuaian secara efektif berdasarkan penilaian pengguna baik dari sisi pengajar atau guru/dosen maupun dari sisi pembelajar atau siswa/mahasiswa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis kesesuaian teknologi yang digunakan dalam pembelajaran daring terhadap lingkungan sosial di masa pandemi Covid-19. Sehingga, hasil penelitian ini adalah memberikan usulan model dengan menggunakan model task-technology fit yang berkaitan dengan pembelajaran daring di lingkungan pendidikan tinggi. Ujian dari model yang diusulkan dilakukan secara kuantitatif dengan kuesioner terstruktur. Data dianalisis menggunakan metode Structural Equation Model (SEM) dengan alat bantu SmartPLS. Luaran yang diharapkan dari penelitian ini adalah publikasi ilmiah di jurnal nasional.

Published
2021-04-04
Section
Articles