Rancang Bangun Aplikasi Kelas Online Berbasis Web Responsif dengan Metode Simple Additive Weighting dan Implementasi Payment Gateway dan SMS Gateway

Authors

  • Moch. Fachrudin Program Studi Sistem Informasi, Universitas Negeri Surabaya
  • Dedy Rahman Prehanto Program Studi Sistem Informasi, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jeisbi.v2i2.39628

Keywords:

Kursus Online, Simple Additive Weighting, SMS Gateway, Payment Gateway, Web Responsif

Abstract

Jahitin academy adalah aplikasi kelas online milik PT. Revolusi Fesyen Indonesia yang ditujukan untuk para penjahit guna meningkatkan keterampilan menjahitnya. Adapun beberapa permasalahan pada aplikasi jahitin academy yaitu pemrosesan pembayaran transaksi masih dilakukan secara konvensional dengan mengkonfirmasi menggunakan whatsapp. Dengan adanya masalah tersebut, jahitin academy perlu melakukan pengembangan sistem yang cukup komprehensif, pengembangan yang penulis lakukan yaitu meresponsifkan web seperti mobile apps, merubah proses pembayaran menjadi payment gateway, menambahkan sistem notifikasi menggunakan sms gateway serta menambahkan fitur rekomendasi kelas atau workshop terbaik, dan penjahit terbaik. Tahapan pengembangan perangkat lunak menggunakan model requirement prototype. Aplikasi ini menggunakan framework php laravel. Hasil dari aplikasi yang dibangun adalah Aplikasi kelas online berbasis web responsif dengan sistem payment gateway menggunakan API midtrans, sistem notifikasi sms menggunakan API Zenziva, dan sistem penunjang keputusan menggunakan metode Simple Additive Weighting.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-05-18

How to Cite

Fachrudin, M., & Prehanto, D. R. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Kelas Online Berbasis Web Responsif dengan Metode Simple Additive Weighting dan Implementasi Payment Gateway dan SMS Gateway. Journal of Emerging Information Systems and Business Intelligence (JEISBI), 2(2), 46–55. https://doi.org/10.26740/jeisbi.v2i2.39628

Issue

Section

Articles
Abstract views: 373 , PDF Downloads: 378