Evaluasi User Experience Aplikasi TIX ID Menggunakan Metode Heuristic Evaluation
Keywords:
User Experience, TIX ID, Heuristic Evaluation, Usability, Severity RatingAbstract
User experience merupakan salah satu faktor penting dalam membangun sebuah aplikasi. Tanpa sebuah rancangan yang benar-benar matang akan mengakibatkan sebuah aplikasi tidak dapat digunakan secara maksimal dan dapat membuat user tidak nyaman dalam menggunakan aplikasi tersebut sehingga berpindah ke aplikasi lain. Penelitian ini memiliki tujuan untuk : (1) Mengevaluasi dan mendeskripsikan temuan masalah user experience yang ada terkait usability pada aplikasi TIX ID menggunakan metode Heuristic Evaluation; dan (2) Memberikan rekomendasi perbaikan kepada pengembang aplikasi TIX ID berdasarkan hasil temuan masalah yang muncul dari evaluasi yang dilakukan menggunakan metode Heuristic Evaluation. Metode Heuristic Evaluation memiliki 10 aspek penilaian untuk mengukur apakah tingkat usability dari fungsi-fungsi sebuah aplikasi sudah berjalan baik dan sesuai kebutuhan pengguna atau belum. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan 9 temuan masalah usability yang diurutkan berdasarkan prioritas perbaikan. Prioritas perbaikan tersebut didapatkan berdasarkan severity rating rata-rata dari hasil kuesioner. Dari temuan masalah tersebut dihasilkan rekomendasi perbaikan yang sesuai dengan guideline desain sebagai saran perbaikan bagi pengembang untuk kenyamanan penggunaan aplikasi TIX ID yang lebih baik lagi.