Penggunaan Metode Heuristic Evaluation sebagai Analisis Evaluasi User Interface dan User Experience pada Aplikasi BCA Mobile
Keywords:
BCA Mobile, User Interface, User Experience, Heuristic Evaluation, Analisis EvaluasiAbstract
BCA Mobile adalah aplikasi mobile banking dari Bank BCA yang memiliki fungsi untuk memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi langsung dengan menggunakan smartphone secara aman, mudah, dan cepat. Aplikasi BCA Mobile mendapatkan peringkat tertinggi dalam kategori aplikasi mobile banking pada tahun 2018 sebesar 49,5%. Namun seiring berjalannya waktu, dengan berkembangnya banyak aplikasi mobile banking lainnya aplikasi BCA Mobile mendapat banyak kritik dari pengguna aplikasi yang merasa bahwa tampilan dan fitur yang dihadirkan aplikasi BCA Mobile harus segera diperbarui. User interface dan User experience adalah beberapa faktor penting dalam membangun sebuah aplikasi. Tanpa tampilan dan pengalaman pengguna yang tepat dapat berakibat pengguna berpindah ke aplikasi sejenis lain. Penelitian ini memiliki target untuk mengevaluasi desaintampilan pengguna dan pengalaman pengguna driyang terdapat pada aplikasi BCA Mobile dengan menggunakan metode heuristic evaluation. Metode rekayasa usability untuk menemukan masalah kegunaan dalam user interface sehingga dapat dijadikan sebagai bagian dari proses desain ulang. Metode ini digunakan untuk mendapatkan evaluasi kekurangan dan kesalahan usability. Terdapat 9 aspek yang jadi parameter apakah aplikasi tersebut berkorelasi dengan baik ataupun tidak. Teknik kerja tata cara ini yakni dengan memohon responden mengisi kuesioner yang berkaitan dengan teori 9 aspek dari metode heuristic evaluation yang akan dibuat dalam poin severity rating. Data dari responden yang telah diolah didapatkan aspek Match Between System and The Real world, User Control and Freedom, Consistency and Standards, Recognation Rather than Call, Flexibility and Efficiency of Use, Error Prevention, Help User Recognize Diagnose and recovery memiliki nilai dibawah 1 yang berarti kesalahan pada aplikasi masih bisa ditolerir. Sementara Aspek Aesthetic and Minimalist Design, Help and Documentation memiliki nilai diatas 1 yang berarti kesalahan pada aplikasi perlu diperbaiki segera. Sehingga hasil dari penelitian ini dapat menjadi saran untuk meningkatkan kualitas aplikasi BCA Mobile