Analisis Pengaruh Kualitas Website Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Sociolla Menggunakan WebQual 4.0 (Studi Kasus: Pelanggan Sociolla di Jawa Timur)

  • Renanda Faulina Dwi Pramustia Program Studi S1 Sistem Informasi Universitas Negeri Surabaya
  • Dwi Fatrianto Suyatno Program Studi S1 Sistem Informasi Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Kualitas website, Webqual 4.0, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan

Abstract

PT. Socioal Bella Indonesia (Sociolla) adalah perusahaan yang bergerak di sektor perdagangan elektronik (E-Commerce) dengan berfokus pada penjualan produk kecantikan.  Platform utama Sociolla dalam menjalankan aktivitas bisnisnya adalah melalui website. Untuk itu Sociolla harus mampu bersaing untuk dapat memuaskan dan memenuhi kebutuhan pelanggan dengan meningkatkan kualitas website. Namun, berdasarkan hasil traffic overview pada Iprice, website PT. Socioal Bella Indonesia (Sociolla) mengalami penurunan jumlah pengunjung. Oleh sebab itu, evaluasi terhadap kualitas website PT. Socioal Bella Indonesia (Sociolla) perlu dilakukan untuk mengetahui dampak kualitas website Sociolla pada kepuasan dan loyalitas pelanggan di Jawa Timur. Teknik evaluasi yang dipilih untuk menentukan kualitas website yaitu Webqual 4.0. Riset ini berupa penelitian deskriptif dengan quantitative approach. Pengumpulan data diperoleh melalui kuesioner online dan penentuan sampel melalui purposive sampling method pada 100 responden. Analisa data dilakukan dengan analisis deskriptif dan analisis jalur menggunakan bantuan software SmartPLS 3.0. Hasil yang diperoleh dari analisa yaitu terdapat 8 hipotesis yang berpengaruh signifikan dan 9 hipotesis berpengaruh positif.

Published
2021-07-16
Section
Articles
Abstract View: 469
PDF Download: 418