Analisis Kualitas Layanan Website Sociolla terhadap Kepuasan Pelanggan dengan Metode WebQual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA)

  • Widya Berlian Dliya Hasna Program Studi S1 Sistem Informasi Universitas Negeri Surabaya
  • I Kadek Dwi Nuryana Jurusan Teknik Informatika, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: E-Commerce, Kualitas Website, Webqual, Importance Performance Analysis

Abstract

Keberadaan e-commerce di Indonesia sangat berkembang pesat menjadikan banyak website jual-beli baru yang bermunculan. Sociolla merupakan salah satu perusahaan e-commerce di bidang produk-produk make up dan kecantikan terbesar di Indonesia. Agar perusahaan Sociolla dapat siap bersaing dengan website sejenis lainnya, maka perlu dilakukan analisis terhadap kualitas website. Kualitas sebuah website dapat dilihat dengan menganalisa menggunakan metode WebQual 4.0 yang kemudian dinilai menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA). Data-data di peroleh dari penyebaran kuesioner dengan 3 variabel WebQual 4.0 berdasarkan tingkat kinerja dan tingkat harapan pengguna terhadap 100 sampel yang telah ditentukan melalui perhitungan rumus Slovin. Data yang didapatkan kemudian dinilai menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) yang menghasilkan rekomendasi-rekomendasi tindakan terhadap website bagi pihak perusahaan dalam rangka meningkatkan serta mempertahankan kualitas website Sociolla. Hasil analisis yang diperoleh menunjukkan bahwa kualitas website Sociolla telah sesuai dengan harapan pengguna, dengan nilai kesesuaian sebesar 101,16%, rata-rata nilai analisis kesenjangan sebesar 0,05 dan terdapat 11 indikator berada pada kuadran II yang perlu dipertahankan kualitasnya agar tetap memenuhi kepuasan pengguna.

Published
2021-11-11
Section
Articles
Abstract Views: 1186
PDF Downloads: 958