Analisis Kualitas Layanan Teknologi Informasi Berdasarkan Pengaruh Audit Internal Teknologi Informasi Di Indonesia

  • Betzy Alimanda Ansori Program Studi S1 Sistem Informasi Universitas Negeri Surabaya
  • Rahadian Bisma Program Studi S1 Sistem Informasi Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Audit Internal Teknologi Informasi, Critical Success Factor, Manajemen Layanan Teknologi Informasi, Analisis Kualitas

Abstract

Penggunaan teknologi informasi saat ini seakan telah menjadi kebutuhan primer organisasi. Tak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi, teknologi informasi telah diimplementasikan hampir di setiap kegiatan organisasi. Seperti penyimpanan data, pencatatan keuangan, pelaporan kegiatan hingga pengambilan keputusan. Peran teknologi informasi yang cukup vital sudah seharusnya diimbangi dengan kualitas layanan teknologi informasi yang baik. Salah satu cara memastikan kualitas layanan teknologi informasi adalah dengan mengimplementasikan audit. Audit TI diimplementasikan untuk membantu organisasi dalam memahami, memberikan nilai, dan mengontrol penggunaan mereka dengan tujuan melindungi TI, mengukur dan memperbaiki kinerja, serta mencapai tujuan dan hasil yang diharapkan. Sayangnya, fakta yang ditemukan di lapangan membuktikan bahwa masih banyak perusahaan atau organisasi yang belum mengimplementasikan audit internal teknologi informasi.  Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh audit teknologi informasi khususnya audit internal terhadap kinerja perusahaan di Indonesia melalui analisis critical success factor. Harapannya penelitian ini dapat membuktikan bahwa implementasi audit internal teknologi informasi cukup penting untuk menjaga kualitas dan kinerja perusahaan.

Published
2021-11-22
Section
Articles
Abstract View: 191
PDF Download: 220