Implementasi Technology Acceptance Model 3 (TAM 3) terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Investasi dan Trading Saham (Studi Kasus: Aplikasi Mobile IPOT)

  • Irfan Dary Sujatmiko Program Studi Sistem Informasi, Universitas Negeri Surabaya
  • I Gusti Lanang Putra Eka Prismana Pendidikan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Aplikasi IPOT, TAM 3, Kepuasan Pengguna, Smart-PLS, Pasar Modal

Abstract

Investasi merupakan sebuah metode untuk menghasilkan keuntungan di masa depan dengan cara menempatkan sejumlah dana. Di era digital pada masa ini, proses investasi semakin mudah karena transaksi saham bisa dilakukan melalui aplikasi yang sudah disediakan oleh perusahaan sekuritas. IPOT adalah sebuah ekosistem untuk berinvestasi saham,ETF dan Reksadana yang dilengkapi dengan banyak fitur untuk mendukung aktivitas keputusan investasi masyarakat Indonesia secara online yang disediakan oleh PT Indo Premier Sekuritas. Saat ini IPOT telah diunduh dan digunakan oleh lebih dari 1 juta pengguna di playstore dan mendapat rating 3.5/5 dan lebih dari 36.000 ulasan. Kepuasan pelanggan (customer satisfaction) ialah sebuah faktor yang begitu penting bagi perkembangan dan keberlangsungan sebuah perusahaan karena dari kepuasaan pelanggan tersebut akan memunculkan suatu kesetiaan pelanggan (customer loyalty) yang pastinya diharapkan oleh setiap perusahaan. Selain itu kepuasan pelanggan dapat digunakan sebagai bahan evaluasi bagi pengembang/perusahaan untuk meningkatkan kualitas dan performa aplikasi sehingga tercipta sebuah aplikasi yang sempurna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna terhadap aplikasi IPOT menggunakan metode Technology Acceptance Model 3 (TAM 3). Berdasarkan hasil perhitungan path coefficient dihasilkan bahwa pengguna puas dengan aplikasi IPOT, dimana kepuasan pengguna didukung oleh 5 faktor eksternal.

Published
2022-01-07
Section
Articles
Abstract Views: 1329
PDF Downloads: 1641