Analisis Faktor yang Mempengaruhi Intensi Pengguna Shopeefood pada Aplikasi Shopee Menggunakan Metode UTAUT

  • Shyndi Dwita Fania Jurusan Teknik Informatika/Program Studi S1 Sistem Informasi, Universitas Negeri Surabaya
  • Dedy Rahman Prehanto Jurusan Teknik Informatika/Program Studi S1 Sistem Informasi, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Shopeefood, Faktor Intensi, Food Delivery, Intention to Use, Behavioural Intention, UTAUT, UTAUT 2

Abstract

Shopee memiliki layanan online food delivery bernama shopeefood. Berdasarkan data pada SimilarWeb selama Agustus 2021 tingkat kunjungan shopee mencapai 26,92 juta pengguna aplikasi aktif dimana pengguna tersebut mengakses dari perangkat mobile android dan mencapai jumlah 100 juta pengunduh. Shopeefood merupakan jasa layanan pesan antar makanan online yang menawarkan berbagai macam promo dan gratis ongkir sehingga dapat menarik pengguna. Dengan adanya jasa layanan pesan antar makanan online memudahkan pengguna untuk membeli makanan tanpa harus datang ke tempat dengan metode pembayaran yang mudah seperti Shopeepay atau Cash on Delivery (CoD). Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah dalam emnggunakan layanan shopeefood di Kota Surabaya terdapat faktor yang mempengaruhi penggunanya dengan metode UTAUT 2 sebagai acuan penelitian yang memiliki tujuh variabel independen dan satu variabel dependen. Didapatkan hasil dimana semua variabel UTAUT 2 yaitu performance expectancy, facilitating conditions, effort expectancy, hedonic motivation, social influence, price value, dan habit berpengaruh positif signifikan terhadap behavioural intention to use shopeefood di Kota Surabaya. Sebesar 56,9% variabel tersebut mempengaruhi intensi pengguna shopeefood di Kota Surabaya dan 43,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diketahui.

Published
2022-06-02
Section
Articles
Abstract Views: 1186
PDF Downloads: 896