Penerapan Metode EUCS Terhadap Kepuasan Pengguna Layanan SINAR pada Aplikasi Digital Korlantas POLRI

  • Shibghotur Ayu Robbaniyah Sistem Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
  • Aries Dwi Indriyanti Sistem Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Kepuasan Pengguna, End User Computing Satisfaction, Layanan SIM Nasional Presisi (SINAR)

Abstract

Penelitian ini mengenai analisis kepuasan pengguna aplikasi Digital Korlantas POLRI pada layanan SIM Nasional Presisi (SINAR) menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Penelitian  menganalisa sistem berdasarkan konten isi (Content), Akurasi (Accuracy), Tampilan (Format), kemudahan pengguna serta ketepatan waktu (Timeliness). Penelitian ini menggunakan kuisioner sebagai instrumen penelitian. Objek penelitian ini adalah pengguna yang melakukan perpanjangan SIM melalui layanan SIM Nasional Presisi (SINAR). Tingkat kepuasan pengguna layanan SIM Nasional Presisi (SINAR) berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pengguna akhir aplikasi dalam kategori puas. Pengguna merasa puas dalam menggunakan layanan SIM Nasional Presisi (SINAR), dengan nilai presentase 71.4%. Penelitian ini menunjukkan kepuasan pengguna pada dimensi Content dengan tingkat presentase 87.4% yaitu sangat puas, dimensi Accuracy sebesar 83.3% yaitu sangat puas, dimensi Format memiliki sebesar 81.4% termasuk kategori sangat puas, pada dimensi Ease of Use, presentase mencapai 78.5% yang termasuk kategori puas serta dimensi Timeliness memiliki presentase 78.8% yang menunjukkan bahwa pengguna puas.

Published
2022-06-08
Section
Articles
Abstract View: 59
PDF Download: 50