Penerapan Metode TAM dan DeLone And McLean IS Succes untuk Mengevaluasi Keberhasilan Aplikasi Lazada

  • Saidatul Maghfiroh Sistem Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
  • I Kadek Dwi Nuryana Sistem Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Keberhasilan Sistem Informasi, Lazada, TAM, DeLone And McLean

Abstract

Kepuasan pengguna merupakan faktor yang sangat penting untuk mengevalusi keberhasilan suatu aplikasi. Salah satunya adalah aplikasi Lazada. Lazada merupakan aplikasi yang bergerak dalam bidang jual beli online dan dapat digunakan dengan mudah melalui smartphone. Aplikasi Lazada telah banyak digunakan dan diunduh lebih dari seratus juta pengguna. Namun, saat dikutip dari Katadata.co.id Lazada masih menepati peringkat ke-empat dari e-commerce yang sering dikunjungi. Dengan permasalahan tersebut peneliti ingin mengetahui keberhasilan implementasi aplikasi Lazada. Salah satu faktor keberhasilan suatu sistem adalah dari segi persepsi penggunaanya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetaui variabel yang signifikan terhadap aplikasi Lazada menggunakan metode TAM dan DeLone And McLean IS Succes yang diadopsi dari Laksono (2017) yang mengombinasikan jalur variabel  System Quality dan Perceived Ease Of Use, karana menurut Cho & Sagynov (2015) kualitas yang diberikan oleh sebuah website dapat mempengaruhi kemudahan dalam penggunaanya. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif, penyebaran kuesioner secara online menggunakan google form dengan 28 pertanyaan, dan analisis data PLS-SEM menggunakan SmartPLS 3.2.9. Hasilnya dari 8 jalur kolerasi variabel, semua jalur itu dinyatakan signifikan serta diterima sebab nilai Path Coeficient dan T-Statis  diatas 0.1 dan 1.96, sedangkan nilai P-Value dibawah 0.07.
Published
2022-06-13
Section
Articles
Abstract Views: 523
PDF Downloads: 1108