Analisis Kepuasan Pengguna Layanan Aplikasi Bima+ dengan Metode UTAUT

  • Fachrul Bayhaqi Program Studi Sistem Informasi, Universitas Negeri Surabaya
  • I Kadek Dwi Nuryana Program Studi Sistem Informasi, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Kepuasan Pengguna, Aplikasi Bima , UTAUT, Tri, Perusahaan Telekomunikasi

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang meningkat seiring waktu menuntut masyarakat maupun perusahaan untuk dapat berinovasi dan beradaptasi. Tidak terkecuali perusahaan yang erat dengan teknologi informasi, yakni perusahaan telekomunikasi. Indosat Ooredoo Hutchison merupakan perusahaan telekomunikasi terbesar kedua di Indonesia. Bima+ merupakan aplikasi layanan telekomunikasi yang dikembangkan oleh Indosat Ooredoo Hutchison untuk pengguna layanan Tri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tiugkat kepuasan pengguna layanan Tri Indonesia yang menggunakan aplikasi Bima+ melalui pendekatan Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT). Analisis dilakukan dengan melakukan perbandingan antara kepuasan yang dicari dengan kepuasan yang diperoleh serta dengan pengujian hipotesis penelitian yang dilakukan antara kepuasan pengguna terhadap setiap variabel UTAUT berdasarkan persepsi pengguna layanan aplikasi Bima+. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa aplikasi Bima+ hanya memenuhi tingkat kepuasan pengguna pada variabel Social Influence dan Facilitating Conditions, namun masih belum memenuhi tingkat kepuasan pengguna pada variabel Performance Expectancy dan Effort Expectancy, serta pengujian hipotesis menunjukkan bahwa setiap variabel UTAUT dapat mempengaruhi kepuasan pengguna aplikasi Bima+.

Published
2022-06-14
Section
Articles
Abstract View: 52
PDF Download: 76