Perancangan Ulang UI & UX Menggunakan Metode Design Thinking Pada Aplikasi Siakadu Mahasiswa Berbasis Mobile

Authors

  • Fadilah Candra Wardana Program Studi Sistem Informasi, Universitas Negeri Surabaya
  • I Gusti Lanang Putra Eka Prismana Program Studi Sistem Informasi, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jeisbi.v3i4.47740

Keywords:

Sistem Informasi, User Interface, User Experience , Design Thinking

Abstract

UNESA merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang menghadirkan sebuah aplikasi sebagai pendukung penyelenggaraan pendidikan kepada seluruh civitas akademik yaitu Siakadu Mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk membantu memaksimalkan pengguna dalam menjalankan dan mendapatkan informasi akademik pada aplikasi Siakadu Mahasiswa. Metode yang digunakan adalah Design Thinking. Metode ini digunakan untuk melakukan pendekatan berbasis solusi yang akan digunakan untuk penyelesaian masalah, Dengan cara memahami pengguna Aplikasi untuk mendefisinikan masalah yang ada kemudian akan dijadikan sebuah solusi untuk memecahkan masalah yang ada, hasilnya yaitu banyak permasalahan yang dikeluhkan oleh pengguna kemudian disaring oleh penulis yang menghasilkan 10 permasalahan yang akan dibuatkan penyelesaian masalah. Penelitian ini menggunakan Maze Design sebagai pengujian Usability Testing terhadap desain antarmuka yang telah dibuat. Pada penerapan Usability Testing, penulis akan mencari responden untuk mencoba desain antarmuka dengan tugas dan skenario yang telah disediakan, hasilnya yaitu responden berhasil menyelesaikan hampir seluruh tugas skenario pengujian pada desain baru

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-07-05

How to Cite

Wardana, F. C., & Prismana, I. G. L. P. E. (2022). Perancangan Ulang UI & UX Menggunakan Metode Design Thinking Pada Aplikasi Siakadu Mahasiswa Berbasis Mobile. Journal of Emerging Information Systems and Business Intelligence, 3(4), 1–11. https://doi.org/10.26740/jeisbi.v3i4.47740

Issue

Section

Articles
Abstract views: 5390 , PDF Downloads: 6521