Perancangan Ulang UI & UX Menggunakan Metode Design Thinking Pada Aplikasi Siakadu Mahasiswa Berbasis Mobile

  • Fadilah Candra Wardana Program Studi Sistem Informasi, Universitas Negeri Surabaya
  • I Gusti Lanang Putra Eka Prismana Program Studi Sistem Informasi, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Sistem Informasi, User Interface, User Experience , Design Thinking

Abstract

UNESA merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang menghadirkan sebuah aplikasi sebagai pendukung penyelenggaraan pendidikan kepada seluruh civitas akademik yaitu Siakadu Mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk membantu memaksimalkan pengguna dalam menjalankan dan mendapatkan informasi akademik pada aplikasi Siakadu Mahasiswa. Metode yang digunakan adalah Design Thinking. Metode ini digunakan untuk melakukan pendekatan berbasis solusi yang akan digunakan untuk penyelesaian masalah, Dengan cara memahami pengguna Aplikasi untuk mendefisinikan masalah yang ada kemudian akan dijadikan sebuah solusi untuk memecahkan masalah yang ada, hasilnya yaitu banyak permasalahan yang dikeluhkan oleh pengguna kemudian disaring oleh penulis yang menghasilkan 10 permasalahan yang akan dibuatkan penyelesaian masalah. Penelitian ini menggunakan Maze Design sebagai pengujian Usability Testing terhadap desain antarmuka yang telah dibuat. Pada penerapan Usability Testing, penulis akan mencari responden untuk mencoba desain antarmuka dengan tugas dan skenario yang telah disediakan, hasilnya yaitu responden berhasil menyelesaikan hampir seluruh tugas skenario pengujian pada desain baru

Published
2022-07-05
Section
Articles
Abstract View: 1197
PDF Download: 931