Model Kepuasaan Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika UNESA terhadap Digital Library dengan Pieces Framework, Usability Testing, dan Information System Success
Keywords:
Digilib, PIECES, Usability Testing, Structural Equation ModelingAbstract
Universitas Negeri Surabaya memiliki perpustakaan digital atau yang disebut juga dengan Digilib Unesa mempunyai berbagai macam layanan, ruang, dan dukungan untuk anggota akademis termasuk mahasiswa. Adanya Digilib tentunya memudahkan mahasiswa dalam mencari berbagai referensi seperti buku hingga penelitian terdahulu khususnya yang sedang menempuh semester akhir dan mengerjakan tugas akhir yang memerlukan berbagai macam referensi. Melihat pentingnya layanan ini tentunya membutuhkan pengembangan secara berkala agar dapat terus meningkatkan layanan yang dimiliki. Salah satu masalah penting ialah masalah tingkat kepuasan pengguna Digilib. Maka dari itu perlu adanya analisis kepuasan mahasiswa jurusan teknik informatika UNESA terhadap Digilib untuk menentukan kepuasan pengguna, kenyamanan pengguna, kecepatan pencarian informasi, dan kemudahan saat mengakses Digilib Unesa. Penelitian ini mengadopsi variabel dari framework PIECES, Usability Testing, dan Information System Success yang akan digunakan sebagai indikator dalam instrumen penelitian. Analisa data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM) menggunakan IBM SPSS AMOS 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Information and Data serta Performance memberikan pengaruh positif terhadap variabel dependen Attractiveness yang berarti pengguna tertarik dalam menggunakan Digilib Unesa karena mempunyai website yang stabil, menyajika informasi dan data yang tepat serta user interface yang menarik dengan hubungan antar variabel dapat dijelaskan sebesar 76,8%. Adapun pengaruh positif variabel independen Performance dan Attractiveness terhadap variabel dependen Information System Success yang berarti bahwa pengguna merasa puas dengan pelayanan Digilib Unesa karena memiliki performa website yang baik, mudah diakses, dan mudah dipelajari dengan hubungan antar variabel sebesar 51,8%.