Rancang Bangun Sistem Informasi Pemasaran (SIP) Business Intelligence Berbasis WEB-GIS pada PT.SPINDO Tbk

  • Rahadi Mulyo Widagdo Program Studi Sistem Informasi, Universitas Negeri Surabaya
  • Ardhini Warih Utami Program Studi Sistem Informasi, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Business Intelligence, Scrum, Web-GIS

Abstract

Business intelligence merupakan suatu aplikasi yang berguna untuk melakukan analisis dan juga melakukan pengelolaan data menjadi informasi yang akan dapat digunakan sebagai pendukung keputusan dalam bisnis suatu perusahaan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk merancang suatu sistem informasi pemasaran berupa business intelligence berbasis web-gis pada PT.SPINDO Tbk yang dikembangkan dengan menggunakan metode scrum. Geographic Information System (GIS) ini ditampilkan dalam bentuk website (Web-GIS) yang digunakan untuk menampilkan pemetakan area penjualan berdasarkan data penjualan pada perusahaan. Pada penelitian ini aplikasi dibangun menggunakan metode Scrum sebagai metode pengembangan perangkat lunak. Metode Scrum memiliki tahapan yang sangat terstruktur, bersifat perulangan dan juga mampu untuk melibatkan partisipasi stakeholder secara aktif. Stakeholder dapat melakukan evaluasi terhadap aplikasi pada saat melakukan proses pengembangan, sehingga memungkinkan bagi tim pengembang untuk mampu mengembangkan aplikasi sesuai dengan kebutuhan stakeholder dalam jangka waktu yang telah disepakati. Hasil dari dilakukannya penelitian ini yaitu berupa suatu aplikasi Business Intelligence yang hasilnya mampu untuk menampilkan informasi penjualan berupa pemetakan geografis dan juga berupa laporan hasil penjualan.

Published
2022-07-13
Section
Articles
Abstract View: 127
PDF Download: 118