Perancangan Design UI/UX E-Commerce TRINITY Berbasis Website Dengan Pendekatan Design Thinking

Authors

  • Wahyu Suprayogi Adhyaksa Pratama Program Studi Sistem Informasi, Universitas Negeri Surabaya
  • Aries Dwi Indriyanti Program Studi Sistem Informasi, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jeisbi.v4i1.51144

Keywords:

User Interface, User Experience, Design Thinking, System Usability Scale

Abstract

Trinity merupakan salah satu brand fashion lokal yang dibentuk pada tahun 2020 oleh 3 orang pemuda karena melihat peluang bisnis dari gencarnya gerakan local pride. Hingga saat ini, Trinity telah meluncurkan beberapa produk diantaranya t-shirt, hoodie, dan sweater. Dalam proses bisnisnya, Trinity menggunakan marketplace untuk proses transaksi dengan pelanggan, namun menurut ketiga founder Trinity menggunakan marketplace saja tidak cukup untuk meningkatkan citra merek mereka. Oleh karena itu, mereka ingin memiliki sebuah platform berupa website e-commerce agar mereka dapat mengelola sendiri proses jual beli sekaligus dapat mengingkatkan citra merek mereka menggunakan website tersebut. Dalam sebuah website, kenyamanan pengguna merupakan hal yang sangat penting. Oleh karena itu penulis memberikan sebuah rekomendasi rancangan user interface dan user experience website e-commerce Trinity agar memberikan kenyamanan kepada pelanggan ketika sedang mengakses website Trinity. Dengan menggunakan pendekatan Design Thinking pada saat merancang desain tampilannya dan melakukan usability testing serta penilaian System Usability Scale (SUS) ketika melakukan pengujian rancangan tampilan. Didapatkan skor sebesar 83 dengan rating excellent sehingga rancangan tampilan yang telah penulis buat telah memenuhi kebutuhan pengguna.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-01-31

How to Cite

Pratama, W. S. A., & Indriyanti, A. D. (2023). Perancangan Design UI/UX E-Commerce TRINITY Berbasis Website Dengan Pendekatan Design Thinking. Journal of Emerging Information Systems and Business Intelligence (JEISBI), 4(1), 50–61. https://doi.org/10.26740/jeisbi.v4i1.51144

Issue

Section

Articles
Abstract views: 1895 , PDF Downloads: 3200