Analisis Ketergunaan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pengguna Aplikasi Mobile Siakadu UNESA

Authors

  • Achmad Andik Program Studi Sistem Informasi, Universitas Negeri Surabaya
  • I Kadek Dwi Nuryana Program Studi Sistem Informasi, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jeisbi.v4i1.51272

Keywords:

Usability, Kepuasan Pengguna, Loyalitas Pengguna, SEM, PLS-SEM

Abstract

Penggunaan Siakad di Universitas Negeri Surabaya (UNESA) sangat diperlukan, salah satunya Siakadu UNESA mobile, dalam penggunaan aplikasi ini perlu diketahui pengaruh usability untuk mengetahui kepuasan dan loyalitas pengguna. Usability termasuk faktor yang sering digunakan untuk mengukur keberhasilan suatu layanan/aplikasi. Usability mempengaruhi kepuasan pengguna saat menggunakan aplikasi dan kepuasan pengguna mempengaruhi loyalitas pengguna. penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh aspek usability Green dan Pearson terhadap kepuasan dan loyalitas pengguna aplikasi Siakadu UNESA Mobile. Model yang digunakan didasarkan pada studi teoritis dan studi sebelumnya menggunakan usability Green dan Pearson terhadap kepuasan dan loyalitas. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara membuat dan menyebarkan kuesioner melalui google form. Uji statistik dilakukan dengan menggunakan teori Structural Equation Modeling (SEM), jenis SEM yang digunakan pada penelitian ini  adalah SEM berbasis variance yaitu PLS-SEM dengan menggunakan software SmartPLS versi 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel comtent, Customization dan Ease of use memberikan pengaruh terhadap kepuasan sedangkan Download delay tidak memberikan pengaruh  terhadap kepuasan. Lalu kepuasan pengguna memberikan pengaruh terhadap loyalitas. Selain itu penelitian ini menghasilkan saran perbaikan dan peningkatan aplikasi yang diharapkan dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas penggunanya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-02-06

How to Cite

Andik, A., & Nuryana, I. K. D. (2023). Analisis Ketergunaan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pengguna Aplikasi Mobile Siakadu UNESA. Journal of Emerging Information Systems and Business Intelligence (JEISBI), 4(1), 72–81. https://doi.org/10.26740/jeisbi.v4i1.51272

Issue

Section

Articles
Abstract views: 405 , PDF Downloads: 524