Implementasi Vending Machine Untuk Mengatasi Neraca Keuangan Indomaret Yang Tidak Seimbang
DOI:
https://doi.org/10.26740/jeisbi.v4i1.51775Keywords:
SWOT, daya tarik pelanggan, self service, vending machines, Indomaret, FishboneAbstract
Indomaret merupakan sebuah minimarket, yang mana Indomaret ini menggunakan sistem retail. Pada penelitian ini, penulis bertujuan untuk mengulas tentang Implementasi Vending Machine untuk Mengatasi Neraca Keuangan Indomaret yang Tidak Seimbang. Analisis ini bertujuan untuk menggambarkan perencanaan, pelaksanaan, dan manfaat dari penerapan vending machine di Indomaret. Pada tahapan pertama, penulis melakukan pengumpulan dan pengambilan data mengenai masalah yang mempengaruhi neraca keuangan indomaret dengan cara pengambilan data menggunakan metode literature review dengan mengambil data melalui jurnal-jurnal dan website yang ada. Selanjutnya pada tahapan kedua, penulis melakukan analisis data dan proses bisnis dari data yang sudah dihasilkan di tahapan yang pertama, yaitu dengan cara penulis memaparkan bentuk organisasi dari Indomaret ini seperti apa, kemudian penulis memaparkan proses bisnis yang organisasi tersebut terapkan saat ini, dan kemudian penulis menganalisa proses bisnis yang sudah dipaparkan melalui metode analisis SWOT. Selanjutnya pada tahapan yang ketiga, penulis melakukan penggunaan alat atau metode yang ditujukan untuk memperjelas dan memprioritaskan usaha peningkatan berdasarkan hasil analisis data yang dihasilkan dari tahapan sebelumnya yaitu dengan metode Brainstorming dan setelah itu penulis akan melakukan pengembangan analisis terhadap hasil brainstorming tersebut untuk dihasilkan suatu pengembangan terhadap proses bisnis yang ada menggunakan metode Fishbone
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

