Analisis Kepuasan Pengguna Layanan Aplikasi MyPertamina Berbasis Mobile Dengan Metode EUCS (End User Computing Satisfaction)

  • Siti Nurhalizatus Safa'ah Program Studi Sistem Informasi, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Aries Dwi Indriyanti Program Studi Sistem Informasi, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

Abstract

MyPertamina adalah aplikasi resmi PT Pertamina yang diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan pembeli BBM dan gas. Tujuanapenelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh kepuasan penggunaaterhadap variabel bentuk, akurasi, format, kemudahan penggunaan,dan ketepatan waktu terhadap kepuasan pengguna aplikasi MyPertamina serta dapat memberikan rekomendasi yang tepat kepada instansi terkait. Metode yang digunakan ialah End User Computing Satisfaction (EUCS) yang terdiri dari lima variabel yaitu: konten, akurasi, tampilan, kemudahan penggunaan, dan ketepatan waktu. Pengumpulan data dilakukan denganamenyebarkan kuesioner kepada masyarakat di Surabaya dan sekitarnya. Metode pengolahan data yakni dengan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji hipotesis yang diolah dengan software SPSS 26. Pada hasil pengujian hipotesis terdapat 4 variabel yang berpengaruh yaitu akurasi, tampilan, kemudahan penggunaan, dan ketepatan waktu, serta terdapat 1 variabel yang tidak berpengaruh yaitu variable isi. Variabel tampilan merupakan variabel yang harus dipertahankan dan diperbaiki karena memiliki nilai t sebesar -2,074 yang termasuk dalam kategori negatif. Ada beberapa keterbatasan penelitian ini dan penelitian lebih lanjut diperlukan untuk secara akurat menggambarkan tingkat kepuasan pengguna.

Kata Kunci— MyPertamina, EUCS, SPSS, Kepuasan, Pengguna

Published
2023-05-02
Section
Articles
Abstract Views: 447
PDF Downloads: 478