Penerapan Metode End User Computing Satisfaction dan Technology Acceptance Model dengan Analisis Partial Least Square untuk Mengukur Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Livin’ by Mandiri

  • Pramuditya Aji Gumelar Universitas Negeri Surabaya
Keywords: EUCS, TAM, SEM-PLS, SmartPLS, Kepuasan Pengguna, Livin' by Mandiri

Abstract

Bank Mandiri meluncurkan dua produk digital pada tanggal 2 Oktober 2021, sebagai inovasi terbaru mereka. Salah satunya adalah Livin' by Mandiri, sebuah Financial Super App yang merupakan pengembangan dari aplikasi Mandiri Online sebelumnya. Livin' by Mandiri adalah sebuah aplikasi perbankan yang mengintegrasikan berbagai kebutuhan transaksi finansial nasabah, mulai dari pembukaan rekening secara online, pembayaran, koneksi dengan ekosistem marketplace, hingga investasi. Penelitian ini berutujuan untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna aplikasi Livin’ by Mandiri dengan variabel – variabel EUCS dan TAM dan dengan analisis PLS-SEM yang diolah menggunakan software SmartPLS.. Dari penyebaran kuesioner, didapat data 116 responden pengguna aplikasi Livin’ by Mandiri di Jawa Timur. Hasil penelitian memaparkan bahwa terdapat empat faktor yang memiliki pengaruh positif dan signifikan, diantaranya yaitu faktor Content (path coefficient 0,236 dan t-statistics 1,967), faktor Format (path coefficient 0,328 dan t-statistics 3,257), faktor Ease (path coefficient 0,118 dan t-statistics 2,084), dan faktor Attitude (path coefficient 0,681 dan t-statistics 12,953). Kemudian terdapat empat faktor yang memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan, yaitu faktor Timeliness path coefficient 0,121 dan t-statistics 0,921), faktor Ease of Use (path coefficient 0,118 dan t-statistics 1,027) dan faktor Usefulness (path coefficient 0,014 dan t-statistics 0,181). Kemudian terdapat satu faktor yang bernilai pengaruh negatif serta tidak signifikan, yaitu faktor Accuracy (path coefficient -0,043 dan t-statistics 0,497).

Published
2023-05-25
Section
Articles
Abstract Views: 292
PDF Downloads: 300