Analisis Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WOM) di Media Sosial terhadap Niat Beli Produk Skincare (Survey pada Followers Instagram Sociolla)

  • Lizziya Aulianisa Uzdah Universitas Negeri Surabaya
  • Asmunin Asmunin
Keywords: Information Acceptance Model, eWOM, skincare, niat beli, sociolla

Abstract

Internet menjadi wadah media informasi terkini, salah satunya adalah perkembangan media sosial sebagai bentuk dari inovasi media informasi yang melahirkan Electronic Word of Mouth (eWOM), sehingga antar individu dapat berbagi informasi seperti mengenai perawatan kulit (skincare). Sociolla menjadi platform sosial dan e-commerce yang memungkinkan pengguna media sosial dapat berinteraksi di dunia maya seperti penyebaran informasi terhadap tren produk perawatan kulit (skincare). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh eWOM di media sosial terhadap niat beli produk skincare di Sociolla. Penyampelan menggunakan simple random sampling dengan sampel followers aktif instagram sociolla dengan rentang umur 15 – 44 tahun yang berada di provinsi Jawa Timur. Selanjutnya data dianalisis menggunakan SEM-PLS. Model penelitian menggunakan Information Acceptance Model untuk menganalisis pengaruh eWOM terhadap niat beli, penemuan penelitian menunjukkan bahwa niat beli produk skincare dipengaruhi oleh adopsi informasi dan sikap terhadap informasi. Adapun penentu sikap terhadap informasi adalah kebutuhan akan informasi dan kualitas informasi. Implikasi penelitian berkotnribusi baik secara empiris maupun praktis.

Published
2023-07-25
Section
Articles
Abstract Views: 86
PDF Downloads: 103