Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Layanan Aplikasi Klik Indomaret Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) dan DeLone and McLean

Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Layanan Aplikasi Klik Indomaret Menggunakan Metdoe End User Computing Satisfaction (EUCS) dan DeLone and McLean

Authors

  • Gerald Christopher Hermawan Universitas Negeri Surabaya
  • Dwi Fatrianto Suyatno Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jeisbi.v4i3.54230

Keywords:

Klik Indomaret, EUCS, DeLone and McLean, Satisfaction, User

Abstract

Klik Indomaret adalah layanan aplikasi E-commerce PT. Indomarco Prismatama yang diciptakan untuk menjadi saluran online yang dapat dijangkau oleh pelanggan Klik Indomaret. Model yang digunakan penelitian ini ialah model End User Computing Satisfaction (EUCS) dan DeLone and McLean. End User Computing Satisfaction (EUCS) memiliki arti adalah metode perbandingan antara kenyataan dan harapan (realita). DeLone and McLean artinya sebuah model guna pengindentifikasi faktor penyebab suksesnya sebuah sistem informasi. Tujuan penelitian ini adalah memberikan informasi yang akan menjadi referensi dalam mengelola dan memperbaiki layanan aplikasi seperti (1) mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap layanan aplikasi Klik Indomaret dan (2) menguji beberapa faktor yang ada pengaruh akan kepuasan pelanggan terhadap layanan aplikasi Klik Indomaret. Metode yang dipergunakan guna penelitian yaitu metode kuantitatif. Diawali dengan kegiatan observasi. Kegiatan ini bertujuan untuk memperoleh hasil pengamatan terhadap ulasan ulasan layanan Aplikasi Klik Indomaret. Lalu di lakukan kegiatan survei dengan menyebar kuesioner secara online dalam bentuk google form kepada responden. Hasil dari penelitian menyatakan ukuran tingkat kepuasan pelanggan terhadap layanan aplikasi Klik Indomaret secara keseluruhan berada pada tingkat sangat puas. Dengan hasil ini diharapkan layanan aplikasi Klik Indomaret dapat mempertahankan atau meningkatkan kembali terkait kepuasan pelanggannya. Beberapa variabel yang dapat ditingkatkan kembali agar berpengaruh signifikan seperti content, format, information quality, service quality, dan timeliness. Namun beberapa variabel yang dapat ditingkatkan kembali akan tetapi tidak berpengaruh signifikan seperti accuracy, easy of use, dan system quality.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-27

How to Cite

Hermawan, G. C., & Suyatno, D. F. (2023). Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Layanan Aplikasi Klik Indomaret Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) dan DeLone and McLean: Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Layanan Aplikasi Klik Indomaret Menggunakan Metdoe End User Computing Satisfaction (EUCS) dan DeLone and McLean. Journal of Emerging Information Systems and Business Intelligence, 4(3), 50–63. https://doi.org/10.26740/jeisbi.v4i3.54230

Issue

Section

Articles
Abstract views: 546 , PDF Downloads: 773