Komparasi Algoritma Naïve Bayes dan Random Forest Dalam Mengetahui Kepuasan Pengguna Aplikasi Jenius
DOI:
https://doi.org/10.26740/jeisbi.v4i3.54232Keywords:
Kepuasan Pengguna, Naive Bayes, Random ForestAbstract
Salah satu inovasi bank digital di Indonesia adalah Jenius yang merupakan aplikasi perbankan revolusioner pertama di Indonesia. Pada tahun 2016, Bank BTPN meluncurkan aplikasi Jenius dan hingga saat ini telah beroperasi selama lebih dari 6 tahun. Namun setelah 6 tahun diluncurkan, Jenius hanya mendapatkan penilaian di playstore sebesar 3,9 dari 5 dengan total penilaian lebih dari 185.000 penilaian. Rata-rata keluhan yang disampaikan oleh pengguna adalah terkait aplikasi yang cenderung lambat dalam merespon perintah pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pengguna dalam menggunakan layanan aplikasi bank digital Jenius serta melakukan komparasi akurasi algoritma Naïve Bayes dan Random Forest dalam mengetahui kepuasan pengguna aplikasi Jenius. Dari perhitungan Information Gain dan Gain Ratio, faktor yang paling mempengaruhi kepuasan pengguna aplikasi layanan bank digital Jenius adalah Performance Expectancy. Dan pada pengujian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kinerja algoritma Naïve Bayes lebih baik dibandingkan algoritma Random Forest dalam mengklasifikasikan kepuasan pengguna aplikasi Jenius dengan hasil akurasi tertinggi sebesar 91,95%.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

