Komparasi Algoritma Naïve Bayes dan Random Forest Dalam Mengetahui Kepuasan Pengguna Aplikasi Jenius

Authors

  • Yefi Chlarasasti Universitas Negeri Surabaya
  • I Kadek Dwi Nuryana

DOI:

https://doi.org/10.26740/jeisbi.v4i3.54232

Keywords:

Kepuasan Pengguna, Naive Bayes, Random Forest

Abstract

Salah satu inovasi bank digital di Indonesia adalah Jenius yang merupakan aplikasi perbankan revolusioner pertama di Indonesia. Pada tahun 2016, Bank BTPN meluncurkan aplikasi Jenius dan hingga saat ini telah beroperasi selama lebih dari 6 tahun. Namun setelah 6 tahun diluncurkan, Jenius hanya mendapatkan penilaian di playstore sebesar 3,9 dari 5 dengan total penilaian lebih dari 185.000 penilaian. Rata-rata keluhan yang disampaikan oleh pengguna adalah terkait aplikasi yang cenderung lambat dalam merespon perintah pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pengguna dalam menggunakan layanan aplikasi bank digital Jenius serta melakukan komparasi akurasi algoritma Naïve Bayes dan Random Forest dalam mengetahui kepuasan pengguna aplikasi Jenius. Dari perhitungan Information Gain dan Gain Ratio, faktor yang paling mempengaruhi kepuasan pengguna aplikasi layanan bank digital Jenius adalah Performance Expectancy. Dan pada pengujian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kinerja algoritma Naïve Bayes lebih baik dibandingkan algoritma Random Forest dalam mengklasifikasikan kepuasan pengguna aplikasi Jenius dengan hasil akurasi tertinggi sebesar 91,95%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-27

How to Cite

Chlarasasti, Y., & Nuryana, I. K. D. (2023). Komparasi Algoritma Naïve Bayes dan Random Forest Dalam Mengetahui Kepuasan Pengguna Aplikasi Jenius. Journal of Emerging Information Systems and Business Intelligence, 4(3), 64–72. https://doi.org/10.26740/jeisbi.v4i3.54232

Issue

Section

Articles
Abstract views: 128 , PDF Downloads: 153