Implementasi Algoritma Frequent Pattern Growth untuk Menentukan Pola Pembelian Konsumen pada Toko Tanaman Berbasis Website

Authors

  • Qolbu Dzikru Rosyadi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jeisbi.v4i3.54753

Keywords:

Penjualan, Website, Algoritma, Frequent Pattern Growth, Toko Tanaman

Abstract

Strategi usaha yang matang diperlukan untuk mengelola usaha dari persaingan perdagangan yang sangat ketat. Strategi penjualan merupakan sesuatu yang harus dimiliki oleh pemilik usaha. Namun banyak faktor yang dapat mempengaruhi penentuan strategi penjualan. Perilaku pembelian konsumen yang tidak menentu dapat mempersulit pemilik usaha dalam menentukan strategi penjualan. Adanya teknologi informasi dapat dimanfaatkan untuk pengambilan keputusan agar lebih efektif saat menentukan strategi penjualan. Oleh karena itu dalam penelitian ini dikembangkan aplikasi berbasis website yang mengimplementasikan algoritma FP-Growth untuk menentukan pola pembelian konsumen pada toko tamanan shehrazat.id. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang bangun aplikasi berbasis website yang mengimplementasikan algoritma FP-Growth untuk mengetahui pola pembelian konsumen. Pengembangan aplikasi menggunakan metode Rapid Application Development lalu setelah itu dilakukan analisa data pembelian menggunakan aplikasi pada periode September 2022 sampai dengan Maret 2023 dengan nilai minimum support sebesar 5% dan minimum confidence sebesar 60% dan dihasilkan empat aturan pola pembelian yaitu Pola 1 dengan nilai confidence 62% nilai ratio dari aturan ini adalah 3.44 atau valid, Pola 2 dengan nilai confidence 64% nilai ratio dari aturan ini adalah 1.94 atau valid, Pola 3 dengan nilai confidence 62% nilai ratio dari aturan ini adalah 2.84 atau valid dan Pola 4 dengan nilai confidence 62% nilai ratio dari aturan ini adalah 4.85 atau valid.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-28

How to Cite

Rosyadi, Q. D. (2023). Implementasi Algoritma Frequent Pattern Growth untuk Menentukan Pola Pembelian Konsumen pada Toko Tanaman Berbasis Website. Journal of Emerging Information Systems and Business Intelligence (JEISBI), 4(3), 107–114. https://doi.org/10.26740/jeisbi.v4i3.54753

Issue

Section

Articles
Abstract views: 135 , PDF Downloads: 163