Prediksi Peningkatan Omzet Penjualan dengan Menggunakan Metode Regresi Linier Berganda (Studi Kasus: UB Makmur Surabaya)

  • Fahriza Karina Universitas Negeri Surabaya
  • Dodik Arwin Dermawan
Keywords: Prediksi, Peningkatan, Omzet Penjualan, Regresi Linier Berganda, Usaha Bersama

Abstract

Usaha Bersama (UB) Makmur Surabaya merupakan toko sembako modern yang baru saja di buka pada tahun 2022. Untuk dapat mengoptimalkan sumber daya dan anggaran untuk strategi pemasaran yang efektif maka penting untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berdampak pada pertumbuhan omzet, di antaranya jumlah transaksi per bulan dan nilai penjualan yang meliputi penjualan beras, gula, telur, minyak goreng, susu dan tepung. Penelitian ini memanfaatkan pendekatan regresi linier berganda dengan menggunakan informasi historis penjualan setahun kebelakang. Model regresi linier berganda dapat diungkapkan melalui representasi perkalian determinan matriks. Proses selanjutnya melibatkan perhitungan koefisien regresi dengan menggunakan rumus regresi linier. Kemudian, mencari nilai korelasi sehingga memperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh signifikan antara variabel X1, X2 dengan variabel Y.  Berdasarkan hasil analisa regresi linier didapatkan nilai koefisien regresi variabel X1 bernilai negatif, sedangkan variabel X2 bernilai positif. Hasil uji t mengindikasikan bahwa setiap variabel memiliki dampak signifikan terhadap total penjualan. Hasil uji F diperoleh bahwa variabel X1 dan X2 secara simultan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap total penjualan. Hasil uji koefisien determinasi yang menunjukkan bahwa pengaruh yang diberikan oleh variabel jumlah transaksi per bulan dan nilai penjualan berkontribusi sebesar 56,8% terhadap total penjualan, sementara sebanyak 43,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.

Published
2024-01-08
Section
Articles
Abstract Views: 46
PDF Downloads: 46