Pengembangan Sistem Informasi Persediaan Barang Di Cv. Nusantara List Supplay Menggunakan Metode FIFO Berbasis Website Dengan Framework Laravel

  • Aldi Naufal Asyadana Universitas Negeri Surabaya
  • Salamun Rohman Nudin
Keywords: FIFO, Sistem Pengelolaan Barang, Laravel, Model View Controller.

Abstract

Abstrak— Pentingnya merancang sistem informasi stok barang agar dapat menangani masalah persediaan barang. Masalah tersebut kebanyakan terjadi pada sistem pengelolaan barang yang tidak teratur, kurang menyesuaikan kondisi barang, ada juga persediaan yang muncul terlalu banyak/persediaan yang terlalu sedikit dalam memenuhi request pelanggana. Jumlaha stok barangsyang seharusnya ada di perusahaan harus sesuai dengan keperluan. Pengembangan suatu sistem pengelolaan persediaan barang dapat mempermudah dan membantu permasalahan tersebut. Metode yang digunakan yaitu FIFO, penggunaan metode FIFO memberikan fleksibilitas dalam pencatatan masuk-keluar barang berdasarkan waktu dan dapat memberikan informasi mengenai stok tersedia dengan urutan barangg yangapertama masukk akqn dijualaterlebih dulu. Kemudian akan dimasukkan ke dalam laporan persediaan, neraca dan laba rugi sehingga dapat memudahkan admin dalam melakukan pengendalian internal persediaan. Sistem ini memudahkan kinerja staf sehingga mempersingkat waktu proses pelaporan karena semua staf dapat mengakses laporan yang dibutuhkan sesuai hak aksesnya. Sistem ini juga memudahkan untuk mengontrol nilai persediaan dan biaya persediaan secara real time sehingga pengambilan keputusan dapat dilaksanakan dengan cepat serta akurat.

Hasil pengujian menunjukkan bahwa dengan mengembangkan sistem persediaan barang yang dibangun menggunakan arsitektur MVC menggunakan bahasa pemrograman PHP framework Laravel dapat membantu pengelolaan barang secara efektif karena barang yang keluar merupakan stok barang terdahulu sehingga meminimalisir adanya barang yang sudah using/tidak layak. Kemudahan pencatatan barang yang masuk dan keluar berdasarkan waktu dapat menghindari penurunan kualitas barang. Selain itu juga dapat mempercepat proses pengembangan sistem, diharapkan sistem stok barang ini akan mengontrol kuntinuitas barang yang tersedia di gudang sehingga dapat menekan semaksimal mungkin jika terjadi kekurangan/kelebihan stok.

Published
2024-03-05
Section
Articles
Abstract Views: 32
PDF Downloads: 27