Rancang Bangun Aplikasi Pemakaian Ruangan Perkuliahan Pada Fakultas Teknik di Universitas Negeri Surabaya Berbasis Website Menggunakan Metode Greedy

  • Daniel Dhian Prakosa Student
  • Aries Dwi Indriyanti
Keywords: website, Sistem Pemakaian Ruangan, Laravel, Waterfall, Metode Greedy

Abstract

Dalam era perkembangan teknologi informasi yang pesat, berbagai aplikasi telah diciptakan untuk memenuhi kebutuhan manusia, memberikan kemudahan akses informasi global, dan mendukung dunia pendidikan. Fakultas Tenik pada Universitas Negeri Surabaya berupaya menerapkan digitalisasi dengan Sistem pemakaian ruangan perkuliahan. Penelitian ini mengembangkan aplikasi pemakaian ruangan perkuliahan yang memungkinkan Dosen dan Tata Usaha berpartisipasi dalam proses. Metode pengembangan Waterfall digunakan dalam penelitian ini, melalui tahap perencanaan, desain, pembuatan kode, pengujian, implementasi dan pemeliharaan. Aplikasi ini menggunakan Laravel dan memanfaatkan UML dalam perancangan. Terdapat fitur-fitur untuk mengelola data dosen, ruangan, kelas, program studi, mata kuliah, dan mengelola jadwal perkuliahan. Uji Blackbox Testing dilakukan oleh Tata Usaha untuk memvalidasi fungsionalitas aplikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi pemakaian ruangan perkuliaha dengan Metode Greedy dapat membantu dalam pengomptimalkan penggunakan ruangan perkuliahan dan meningkatkan efektivitas serta efisiensi ruangan perkuliahan. Dengan demikian, aplikasi ini berpotensi membawa manfaat bagi Fakultas Teknik dalam sistem pemakaian ruangan perkuliahan.

Published
2024-03-18
Section
Articles
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 21