Analisis Faktor Kesuksesan Aplikasi Danareksa Online Next Generation dengan Model Kesuksesan Delone & McLean dan End User Computing Satisfaction

  • Rifqi Rasendriya Firmansyah Universitas Negeri Surabaya
  • Dwi Fatrianto Suyatno Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Kepuasan Pengguna, Aplikasi D’One Next-G, Model Kesuksesan Delone & McLean, End User Computing Satisfaction (EUCS)

Abstract

Danareksa ialah perusahaan sekuritas di Indonesia yang memanfaatkan teknologi informasi untuk memudahkan nasabah mereka dalam berinvestasi, yaitu dengan membuat D’One Next-G atau Danareksa Online Next Generation. Aplikasi tersebut dapat diakses melalui desktop maupun mobile karena tersedia di playstore untuk android maupun app store untuk iPhone. Dengan aplikasi ini, pengguna dibantu agar dapat memilih keputusan terbaik dalam berinvestasi. Kepuasan pengguna adalah salah satu prioritas utama dalam mengembangkan aplikasi. Delone & McLean melalui penelitian yang mereka adakan berpendapat bahwa dikatakan jika kepuasan pengguna secara umum diketahui sebagai tolak ukur terpenting keberhasilan suatu sistem. Metode Delone & McLean mengukur kepuasan pengguna berdasarkan penilaian pada sistem terkait kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas pelayanan, penggunaan, dan net benefit. Selain metode Delone & McLean, terdapat juga metode lain untuk untuk menganalisis tingkat kepuasan pengguna, dan salah satunya adalah End User Computing Satisfaction (EUCS). Metodologi yang dikembangkan Doll & Torkzadeh(1988) ini tersusun dari beberapa variabel, yakni isi, akurasi, format, kemudahan penggunaan, serta efisiensi waktu dari sistem. Guna mengukur kepuasan pengguna aplikasi D’One Next-G, penelitian ini akan mengaplikasikan model kesuksesan Delone & McLean dan metode EUCS. Penelitian ini akan mengungkap level kepuasan pengguna dan memperoleh informasi yang berguna untuk pihak Danareksa dalam pengembangan aplikasi D’One Next-G.

Published
2024-05-07
Section
Articles
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 12