STUDI LITERATUR: PENGARUH PENGGUNAAN SENSOR GAS TERHADAP PERSENTASE NILAI ERROR KARBONMONOKSIDA (CO) DAN HIDROKARBON (HC) PADA PROTOTIPE VEHICLE GAS DETECTOR (VGD)

  • SITI HARDIYAN MAHARANI
  • NUR KHOLIS

Abstract

Tingkat produksi Karbonmonoksida (CO) dan Hidrokarbon (HC) di udara bebas semakin meningkat akibat peningkatan kepemilikan kendaraan bermotor. Untuk mengontrol peningkatan emisi gas buang, diperlukan Vehicle Gas Detector (VGD) untuk mengukur kadar emisi gas buang kendaraan bermotor dengan ambang batas yang telah ditentukan. Dalam perancangan prototipe VGD, peran sensor gas sangat penting. Sensor gas yang dapat digunakan, antara lain MQ-7, MQ-9, dan TGS 2201 untuk mengukur kadar emisi gas CO serta sensor MQ-2, TGS 2201, dan TGS 2601 untuk mengukur kadar emisi gas HC. Perancangan VGD tentu saja akan menghasilkan persentase nilai error yang bervariasi berdasarkan penggunaan sensor. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah studi literatur dengan membandingkan hasil pengukuran sensor gas pada prototipe VGD dengan VGD standar pabrik. Hasil pengukuran keduanya akan dibandingkan melalui persentase nilai error. Persentase nilai error pada pengukuran emisi gas CO terendah ada pada sensor MQ-7 dengan nilai sebesar 2,92% sedangkan persentase nilai error tertinggi ada pada sensor MQ-9 sebesar 29,65%. Untuk pengukuran HC, persentase nilai error terendah ada pada sensor TGS 2201 dengan nilai sebesar 6,88% sedangkan persentase error tertinggi ada pada sensor MQ-2 dengan nilai sebesar 38,61%. Pengkajian persentase nilai error dengan nilai terendah pada tiap sensor gas dapat dijadikan acuan untuk merancang prototipe VGD dan diproduksi secara massal.

Published
2020-07-06
How to Cite
HARDIYAN MAHARANI, S., & KHOLIS, N. (2020). STUDI LITERATUR: PENGARUH PENGGUNAAN SENSOR GAS TERHADAP PERSENTASE NILAI ERROR KARBONMONOKSIDA (CO) DAN HIDROKARBON (HC) PADA PROTOTIPE VEHICLE GAS DETECTOR (VGD). JURNAL TEKNIK ELEKTRO, 9(3). https://doi.org/10.26740/jte.v9n3.p%p
Abstract Views: 906
PDF Downloads: 884