Sistem Monitoring Level Ketinggian Air Pada Tandon Rumah Tangga Berbasis Iot (Internet Of Things)

  • Aruna Karunika Rindra Universitas Negeri Surabaya
  • Arif Widodo Universitas Negeri Surabaya
  • Farid Baskoro Universitas Negeri Surabaya
  • Nur Kholis Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Sistem pengisian air pada bak penampungan atau tandon air masih membutuhkan pengawasan penuh. Dimana pompa air harus dihidupkan ketika tandon air mulai kosong dan sebaliknya pompa air harus dimatikan jika tandon air mulai penuh. Penelitian ini bertujuan untuk merancang prototipe yang mampu memantau tingkat ketinggian air pada tandon rumah tangga berbasis IOT . Dengan merancang sistem pemantauan tingkat ketinggian air pada tandon dengan sensor ultrasonik HC-SR04 berupa inputan yang mengukur ketinggian udara dan NodeMCU sebagai mikrokontroler. Aplikasi   Blynkmemberikan output notifikasi, hasil monitoring, dan juga bisa mengontrol pompa melalui smartphone. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem monitoring level ketinggian air pada tandon dapat bekerja dengan baik sesuai yang diharapkan yaitu ketika air pada batas 20% maka aplikasi B ylnk akan mengirimkan notifikasi kepada smartphone sehingga pengguna dapat menentukan untuk menggunakan atau mengisi air tandon pada batas 20% dengan cara menekan tombol ON pada aplikasi Bylnk , relay otomatis pada prototipe menyala dan pompa air akan mengisi udara pada tandon sampai pengguna menginginkan tandon sudah terisi sesuai dengan kebutuhan.

Kata Kunci : Blynk, IoT, NodeMCU, Sensor Ultrasonic, Sistem Monitoring

Sistem pengisian air pada bak penampungan atau tandon air masih membutuhkan pengawasan penuh. Dimana pompa air harus dihidupkan ketika tandon air mulai kosong dan juga sebaliknya pompa air harus dimatikan jika tandon air mulai penuh.  Penelitian ini bertujuan untuk merancang prototipe yang mampu memonitoring level ketinggian air pada tandon rumah tangga berbasis IOT. Dengan merancang sistem monitoring level ketinggian air pada tandon dengan sensor ultrasonik HC-SR04 berupa inputan yang mengukur ketinggian air dan NodeMCU sebagai mikrokontroler. Aplikasi  Blynkmemberikan output notifikasi, hasil monitoring, dan juga bisa mengontrol pompa melalui smartphone. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem monitoring level ketinggian air pada tandon dapat bekerja dengan baik sesuai yang diharapkan yaitu ketika air pada batas 20% maka aplikasi B ylnk akan mengirimkan notifikasi kepada smartphone sehingga pengguna dapat menentukan untuk menggunakan atau mengisi air tandon pada batas 20% dengan cara menekan tombol ON pada aplikasi Bylnk , relay otomatis pada prototipe menyala dan pompa air akan mengisi udara pada tandon sampai pengguna menginginkan tandon sudah terisi sesuai dengan kebutuhan.

Kata Kunci : Blynk, IoT, NodeMCU, Sensor Ultrasonic, Sistem Monitoring

Published
2021-12-21
How to Cite
Rindra, A., Widodo, A., Baskoro, F., & Kholis, N. (2021). Sistem Monitoring Level Ketinggian Air Pada Tandon Rumah Tangga Berbasis Iot (Internet Of Things). JURNAL TEKNIK ELEKTRO, 11(1), 17-22. https://doi.org/10.26740/jte.v11n1.p17-22
Section
Vol 11 No 1 (2022): JANUARI 2022
Abstract View: 360
PDF Download: 290