Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Termofisika Dan Pemodelan Percobaan Stirling Bagi Guru-Guru Fisika SMA
DOI:
https://doi.org/10.26740/jodic.v1n2.p23-28Kata Kunci:
Alat peraga, Termodinamika, Percobaan Stirling, PraktikAbstrak
Studi ini mengevaluasi pelatihan pembuatan alat peraga termodinamika dan pemodelan percobaan Stirling bagi guru-guru Sekolah Menengah Atas (SMA) Kabupaten Tuban dengan tujuan memperkaya metode pembelajaran Fisika. Proses pelatihan berjalan efektif, memungkinkan guru-guru untuk memahami dan menerapkan pengetahuan teori dan praktik secara optimal. Hasil evaluasi mengungkapkan tingginya tingkat keberhasilan pelatihan, yang dibuktikan dari hasil rata-rata total persentase sebesar 81,56%. Integrasi pendekatan dari teori dengan praktik dalam metode pembelajaran memberikan implikasi positif, mendukung efektivitas pembelajaran di kelas, dan diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan minat siswa terhadap konsep-konsep Fisika secara interaktif. Penelitian ini berpotensi membantu para guru untuk dapat mengintegrasikan alat peraga termodinamika dalam proses pembelajaran Fisika tingkat SMA.
Unduhan
Referensi
Amulla, M. A. (2020). The Effectiveness of the Project-Based Learning (PBL) Approach as a Way to Engage Students in Learning. SAGE Open, 10(3).
Asad, M. M., Naz, A., Churi. P, & Tahanzadeh, M. M. (2021), Virtual Reality as Pedagogical Tool to Enhance Experiential Learning: A Systematic Literature Review, Education Research International, 2021(7061623).
Bakri, F., Sunaryo, Irawan, V. F., & Muliyati, D. (2018). E-Learning Model for Problem Based Learning on Heat and Thermodynamic Topics in High School. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika, 4(2).
Bao, L. & Koenig, K. (2019). Physics Education Research for 21st Century Learning. Disciplinary and Interdisciplinary Science Education Research, 1(2).
Bhakti, Y. B., Sumarni, R. A., Mayanty, S., & Astuti, I. A. D. (2023). Developing Virtual Physics Practicum Module of Optic Based on Guided Inquiry to Improve Students' Science Process Skills. Journal of Science and Science Education, 4(1).
Dalka, R. P., Sachmpazidi, D., Henderson, C., & Zwolak, J. P. (2022). Network Analysis Approach to Likert-Style Surveys. Physical Review Physics Education Research, 18(2).
Dwijayani, N. M. (2019). Development of Circle Learning Media to Improve Student Learning Outcomes. In Journal of Physics: Conference Series. 1321(022099).
Farhodovna, A. M., Olimboevich, A, J., & Badriddinovich, K. B. (2020). Innovative Pedogogical Technologies for Training The Course of Physics. The American Journal of Interdisciplinary Innovations and Research, 2(12).
Finkelstein, J. (1967). Thermodynamic Analysis of Stirling Engines. Journal of Spacecraft and Rockets, 4(9).
Haryadi, R., Vita, M., Utami, I. S., Ihsanudin, I., Setiani, Y., and Suher,an, A. (2019). Briquettes Production as Teaching Aids Physics for Improving Science Process Skills. In Journal of Physics: Conference Series. 1157(032006).
Heinich, R., Molenda, M. and Russel, J. D. (1992). Instructional Media and the New Technologies of Instruction, New York: Macmillan.
Hidayati, H. Ningsi, A. W., & Iskandar, A. M. (2023). Design and Validity of Student Worksheet Integrated Scientific Literacy for The Use of Physics Practicum KIT. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(1).
Ketut, S. K. & I Nyoman, T. A. P. (2020). Respon Siswa Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia. 4(1).
Martinez-Borreguero, G., Naranjo-Correa, F. L., & Mateos-Núñez, M. (2022). Education Sciences, 12(7)
Midroro, J., Prastowo, S., & Nuraini, L. (2021). Analisis Respon Siswa Sma Plus Al-Azhar Jember Terhadap Modul Fisika Digital Berbasis Articulate Storyline 3 Pokok Bahasan Hukum Newton Tentang Gravitasi. Jurnal Pembelajaran Fisika, 10(1).
Puspitarini, Dwi, Y., & Hanif, M. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 4(2).
Thees, M., Kapp, S., Strzys, M. P., Beil, F., Lukowics, P., and Kuhn, J. (2020). Effects Of Augmented Reality on Learning and Cognitive Load in University Physics Laboratory Courses. Computers in Human Behavior, 108(106316).
Abstract views: 67
,
PDF Downloads: 96



1.png)