Optimalisasi Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa melalui Program KKN-T Asistensi Mengajar di SD Negeri Botok, Magetan

Authors

  • Laili Arin Ramadhani Universitas Negeri Surabaya
  • Aprillia Sinda Dinningrum Universitas Negeri SUrabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jodic.v2n1.p7-14

Keywords:

BOOST, KKN-T, Literasi, Numerasi, Sibel

Abstract

Program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Asistensi Mengajar yang dilaksanakan di SD Negeri Botok, Magetan, bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui dua program utama, yaitu BOOST (Belajar Optimal dengan Siswa Terdidik) dan Sibel (Sistem Belajar Bimbingan). Program BOOST difokuskan pada peningkatan kemampuan membaca siswa kelas 1, 2, dan 3, serta pemberantasan buta aksara, sedangkan Sibel ditujukan untuk mempersiapkan siswa kelas 5 dan 6 dalam menghadapi ujian ANBK dengan mengasah kemampuan literasi dan numerasi mereka. Evaluasi pre-test dan post-test yang dilakukan dalam program BOOST menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan membaca siswa, mencakup pengenalan huruf, membaca kata, kalimat, membaca nyaring, dan pemahaman membaca. Peningkatan ini mencerminkan keberhasilan mahasiswa KKN-T dalam memberikan bimbingan yang efektif. Meskipun program ini menghadapi tantangan seperti rendahnya minat belajar peserta didik dan kesulitan dalam mengerjakan soal matematika, solusi yang diterapkan, seperti penyusunan soal latihan menarik dan menciptakan suasana belajar yang nyaman, berhasil meningkatkan keterampilan siswa. Secara keseluruhan, kedua program ini terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan literasi dan numerasi siswa SD Negeri Botok, serta memberikan kontribusi positif dalam mempersiapkan mereka untuk ujian ANBK.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Muniarty, P., Rimawan, M., Hamdani, H., Ovriyadin, O., Alwi, A., & Puspitawati, N. M. D. (2023). Kuliah kerja nyata tematik merdeka belajar kampus merdeka sekolah tinggi ilmu ekonomi bima melalui program asistensi mengajar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Cahaya Mandalika, 4(2), 45–60.

Kemendikbud. (2023). Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) untuk Meningkatkan Kompetensi Lulusan. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. Diakses pada 7 Juli 2023 dari: https://kemendikbud.go.id.

Pinarashayani, F. W. (2023). Implementasi program literasi pada kurikulum merdeka di sekolah dasar: Studi kasus tentang implementasi program literasi sekolah untuk menunjang kurikulum merdeka di SD Negeri Karangasem 1 Surakarta (Skripsi). Universitas Padjajaran, Surakarta.

Santoso, G., Damayanti, A., Murod, M., Susilahati, S., Imawati, S., & Asbari, M. (2023). Implementasi kurikulum merdeka melalui literasi proyek penguatan profil pelajar pancasila. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 2(1), 1–10.

Published

2024-05-28

Issue

Section

Articles
Abstract views: 78 , PDF Downloads: 89