Strategi Internalisasi Nilai Disiplin dan Tanggung Jawab Melalui Metode Diskusi Online Berbantuan E-Modul Lembaga Sosial

  • Tia Kunti Mustika Universitas Negeri Surabaya
Keywords: karakter disiplin dan tanggung jawab, pembelajaran daring, metode diskusi online

Abstract

Penelitian ini berfokus pada strategi guru dalam menanamkan nilai disiplin dan tanggung jawab selama pandemi covid-19, serta persepsi siswa tentang pembelajaran IPS menggunakan metode diskusi online. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan ekslporatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru IPS, waka kurikulum, serta siswa kelas VII G SMPN 2 Wates. Teknik pengumpulan data berupa wawancara serta pembagian kuesioner melalui media google form. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling dan menghasilkan siswa kelas VII G yang terpilih. Temuan data menunjukkan bahwa internalisasi nilai disiplin dan tanggung jawab di masa pandemi covid-19 tidak selalu berjalan baik, terdapat beberapa kendala serta faktor penghambat. Penyebaran angket pada siswa kelas VII G juga menunjukkan hasil “setuju” terhadap pembelajaran online menggunakan metode diskusi online. Dengan strategi penanaman yang tepat dengan dilakukan secara terus menerus nilai disiplin dan tanggung jawab akan terbentuk pada siswa. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu teori behavioristik dari Skinner yang memiliki makna menekankan pada perubahan perilaku siswa. Sasaran dari teori ini yaitu membentuk perilaku siswa ke arah yang lebih baik.

References

Ahmadi, A. (2009). Psikologi Sosial. Rineka Cipta.
Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941
Assist, P., Quota, T. H. E., Ministry, L., Education, O. F., & Period, T. H. E. P. (2021). Jurnal EPISTEMA. 2(1).
Clayton, K., Blumberg, F., & Auld, D. P. (2010). The relationship between motivation, learning strategies and choice of environment whether traditional or including an online component. British Journal of Educational Technology, 41(3), 349–164. https://doi.org/10.1111/j.1467-8535.2009.00993.x
Dewantara, K. H. (1961). Peringatan Taman Siswa Tahun 1922-1952. Majelis Luhur Taman Siswa.
Fitri, A. Z. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika. Ar Ruzz Media.
Goshtasbpour, F., Swinnerton, B. J., & Pickering, J. D. (2021). Twelve tips for engaging learners in online discussions. Medical Teacher, 0(0), 1–12. https://doi.org/10.1080/0142159X.2021.1898571
Hancock, C., & Rowland, B. (2017). Online and out of synch: Using discussion roles in online asynchronous discussions. Cogent Education, 4(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2017.1368613
Haqien, D., & Rahman, A. A. (2020). PEMANFAATAN ZOOM MEETING UNTUK PROSES PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5, 55.
Hikam, F. F. (2020). Peran Keluarga Dalam Pembelajaran Berbasis E-Learning Pada Masa Wabah Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 2(2), 194–203.
Imam Musbikin. (2005). Mendidik Anak Nakal. Pustaka Pelajar.
Khlaif, Z. N., Salha, S., Affouneh, S., Rashed, H., & ElKimishy, L. A. (2020). The Covid-19 epidemic: teachers’ responses to school closure in developing countries. Technology, Pedagogy and Education, 30(1), 95–110. https://doi.org/10.1080/1475939X.2020.1851752
Musfiroh, T. (2008). Pembinaan Karakter di SMP. Direktorat PSMP.
Nahar, N. I. (2016). Penerapan Teori Belajar Behavioristik dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 1.
Novariana, M. (2021). Interaksi Edukatif Guru Kunjung Sebagai Strategi Alternatif Meningkatkan Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Development Volume, 1(4), 702–715. https://doi.org/10.5281/zenodo.4562072
Setiani, A. (2020). Efektivitas Proses Belajar Aplikasi Zoom di Masa Pandemi dan Setelah Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pasca Sarjana UNNES.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Trianto. (2010). Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. PT Prestasi Pustakaraya.
Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jppg/article/view/12462
Winata, I. K. (2021). Konsentrasi dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 13. https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.1062
Zapata-Cuervo, N., Montes-Guerra, M. I., Shin, H. H., Jeong, M., & Cho, M. H. (2021). Students’ Psychological Perceptions Toward Online Learning Engagement and Outcomes during the COVID-19 Pandemic: A Comparative Analysis of Students in Three Different Countries. Journal of Hospitality and Tourism Education, 00(00), 1–15. https://doi.org/10.1080/10963758.2021.1907195
Published
2021-07-15
Section
ARTIKEL