Pengaruh Pembelajaran Daring Berbasis Media Virtual Tour to Museum terhadap Motivasi Siswa Belajar IPS di Kelas VIII SMPN 1 Gresik
DOI:
https://doi.org/10.26740/penips.v1i1.41754Keywords:
pembelajaran daring, virtual tour to museum, motivasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring berbasis media virtual tour to museum terhadap motivasi siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah true eksperiment dengan posttest only control group design, jenis postest only control group design dipilih karena subjek penelitian dipilih secara acak dari populasi yang ada. Data motivasi belajar diperoleh dari hasil angket motivasi belajar siswa. Pada penelitian ini dilakukan dengan membuat 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen serta kelompok kontrol, kelompok eksperimen adalah kelas yang diberi perlakukan. Sedangkan kelas kontrol sebagai kelas pembanding yang mendapat perlakuan pembelajaran dengan media google classroom dan ppt. pengujian awal normalitas data dilakukan dengan Kolmogorov-Smirnov, kemudian dilakukan uji homogenitas kedua kelompok dengan uji Levene. Berdasarkan uji hipotesis T-test menunjukkan rata-rata mean kelas C sebagai kelas kontrol sebesar 77,25 dan kelas F sebagai kelas eksperimen sebesar 88,90 yang berarti rata-rata nilai motivasi siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dengan perbedaan rata-rata mean sebesar 11,65. Dan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran daring berbasis media virtual tour to museum terhadap motivasi belajar siswa.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2021-07-15
How to Cite
Tasbihah, N. L. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Berbasis Media Virtual Tour to Museum terhadap Motivasi Siswa Belajar IPS di Kelas VIII SMPN 1 Gresik. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 1(1), 16–25. https://doi.org/10.26740/penips.v1i1.41754
Issue
Section
ARTIKEL

