Pengaruh Pembelajaran Daring Berbasis Media Virtual Tour to Museum terhadap Motivasi Siswa Belajar IPS di Kelas VIII SMPN 1 Gresik

  • Nor Laili Tasbihah Universitas Negeri Surabaya
Keywords: pembelajaran daring, virtual tour to museum, motivasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring berbasis media virtual tour to museum terhadap motivasi siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah true eksperiment dengan posttest only control group design, jenis postest only control group design dipilih karena subjek penelitian dipilih secara acak dari populasi yang ada. Data motivasi belajar diperoleh dari hasil angket motivasi belajar siswa. Pada penelitian ini dilakukan dengan membuat 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen serta kelompok kontrol, kelompok eksperimen adalah kelas yang diberi perlakukan. Sedangkan kelas kontrol sebagai kelas pembanding yang mendapat perlakuan pembelajaran dengan media google classroom dan ppt. pengujian awal normalitas data dilakukan dengan Kolmogorov-Smirnov, kemudian dilakukan uji homogenitas kedua kelompok dengan uji Levene. Berdasarkan uji hipotesis T-test menunjukkan rata-rata mean kelas C sebagai kelas kontrol sebesar 77,25 dan kelas F sebagai kelas eksperimen sebesar 88,90 yang berarti rata-rata nilai motivasi siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dengan perbedaan rata-rata mean sebesar 11,65. Dan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran daring berbasis media virtual tour to museum terhadap motivasi belajar siswa.

References

Abdullah, R. (2017). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866
Di Pietro, G., Biagi, F., Costa, P., Karpiński, Z., & Mazza, J. (2020). The Likely Impact of COVID-19 on Education: Reflections based on the Existing Literature and Recent International Datasets. In Publications Office of the European Union, Luxembourg: Vol. EUR 30275 (Issue JRC121071). https://doi.org/10.2760/126686
Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Ferismayanti. (n.d.). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Online Akibat Pandemi COVID-19. Retrieved February 8, 2021, from https://lpmplampung.kemdikbud.go.id/detailpost/meningkatkan-motivasi-belajar-siswa-pada-pembelajaran-online-akibat-pandemi-covid-19
K H Muhammad, G., & Atsani, Z. (2020). TRANSFORMASI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19. Al-Hikmah : Jurnal Studi Islam, 1(1), 82–93. http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alhikmah/article/view/3905
Muhammad, M. (2016). Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 1–11.
Nahar, N. I. (2016). Penerapan Teori Belajar Behavioristik dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 1, 64–74.
Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Paedagogy, 7(3), 145. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2645
Prasetya, S. P. (2014). Media Pembelajaran Geografi. Penerbit Ombak.
Sofyana, L., & Rozaq, A. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas Pgri Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 8(1), 81. https://doi.org/10.23887/janapati.v8i1.17204
Sokip. (2019). Kontribusi Teori Behavioristik Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Islam, 07, 175–190.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Sukardi, T. (2019). Revitalisasi Pendidikan IPS Di Indonesia (Suwarno (ed.)). Pustaka Pelajar.
Suprijono, A. (2017). Cooperative Learning. Pustaka Pelajar.
Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jppg/article/view/12462
Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 236–240.
Published
2021-07-15
How to Cite
Tasbihah, N. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Berbasis Media Virtual Tour to Museum terhadap Motivasi Siswa Belajar IPS di Kelas VIII SMPN 1 Gresik. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 1(1), 16 - 25. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/41754
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 240
PDF Downloads: 860