Peran Lingkungan Sosial Keluarga Terhadap Hasil Belajar IPS Peserta Didik Selama Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.26740/penips.v1i1.41756Keywords:
orang tua, pembelajaran daring, hasil belajar ipsAbstract
Peran lingkungan sosial keluarga sangat dibutuhkan pembelajaran anak, terutama dalam proses pembelajaran anak selama pandemi covid-19. Kebanyakan orang tua memiliki pandangan bahwa keterlibatan mereka hanya sebatas memenuhi biaya keperluan sekolah dan menyediakan sarana dan prasana yang baik. Sehingga orang tua harus memberikan lingkungan keluarga yang baik agar anak merasa dihargai dan bisa belajar dengan nyaman. Sebaliknya apabila anak berada di lingkungan kelurga yang kurang baik akan memberikan dampak buruk seperti kesulitan belajar dan anak akan cenderung malas belajar karena merasa tidak ada yang memperdulikannya. Sehingga artikel ini bertujuan untuk mendiskripsikan peran lingkungkan sosial keluarga dalam meningkatkan hasil belajar IPS selama pandemi covid-19 di SMP Negeri 1 Jogorogo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Jenis penelitian dilakukan dengan kajian fenomenologi dimana subjek penelitian adalah beberapa orang tua yang ada di SMP Negeri 1 Jogorogo. Dalam penelitian ini hasil wawancara, hasil observasi dan hasil dokumentasi dikumpulkan, serta memfokuskan hal-hal yang berkaitan dengan analisis lingkungan sosial keluarga terhadap hasil belajar IPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua di SMP Negeri 1 Jogorogo termasuk tinggi, terlihat pada perubahan perilaku peserta didik berupa hasil belajar yang meningkat karena didukung adanya lingkungan keluarga yang baik.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2021-07-15
How to Cite
Cahyani, R. S. (2021). Peran Lingkungan Sosial Keluarga Terhadap Hasil Belajar IPS Peserta Didik Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 1(1), 26–40. https://doi.org/10.26740/penips.v1i1.41756
Issue
Section
ARTIKEL

