Peran Lingkungan Sosial Keluarga Terhadap Hasil Belajar IPS Peserta Didik Selama Pandemi Covid-19

  • Rosita Satrianing Cahyani Universitas Negeri Surabaya
Keywords: orang tua, pembelajaran daring, hasil belajar ips

Abstract

Peran lingkungan sosial keluarga sangat dibutuhkan pembelajaran anak, terutama dalam proses pembelajaran anak selama pandemi covid-19. Kebanyakan orang tua memiliki pandangan bahwa keterlibatan mereka hanya sebatas memenuhi biaya keperluan sekolah dan menyediakan sarana dan prasana yang baik. Sehingga orang tua harus memberikan lingkungan keluarga yang baik agar anak merasa dihargai dan bisa belajar dengan nyaman. Sebaliknya apabila anak berada di lingkungan kelurga yang kurang baik akan memberikan dampak buruk seperti kesulitan belajar dan anak akan cenderung malas belajar karena merasa tidak ada yang memperdulikannya. Sehingga artikel ini bertujuan untuk mendiskripsikan peran lingkungkan sosial keluarga dalam meningkatkan hasil belajar IPS selama pandemi covid-19 di SMP Negeri 1 Jogorogo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Jenis penelitian dilakukan dengan kajian fenomenologi dimana subjek penelitian adalah beberapa orang tua yang ada di SMP Negeri 1 Jogorogo. Dalam penelitian ini hasil wawancara, hasil observasi dan hasil dokumentasi dikumpulkan, serta memfokuskan hal-hal yang berkaitan dengan analisis lingkungan sosial keluarga terhadap hasil belajar IPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua di SMP Negeri 1 Jogorogo termasuk tinggi, terlihat pada perubahan perilaku peserta didik berupa hasil belajar yang meningkat karena didukung adanya lingkungan keluarga yang baik.

References

Ahmadi, Abu. Psikologi Umum. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2009.
Akbar, Z. (2017). Program Peningkatan Keterlibatan Orang Tua Melalui Kegiatan Seni Pada Anak-Anak di Usia Dini. Sarwahita, 14(01), 53–60.
Anwar, A. (2013). Kontribusi Keluarga terhadap Pembentukan Karakter Anak (Studi Perspektif Modal Sosial di Kota Parepare). Kuriositas: Media Komunikasi Sosial dan Keagamaan. 9(1). 57-65.
Asbari, M., Nurhayati, W., Purwanto, A., & Artikel, I. (2019). Pengaruh Parenting Style dan Personality Genetic Terhadap Pengembangan Karakter Anak di PAUD Islamic School. Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, IV(2), 148-163.
Basilaia, G., & Kvavadze, D. (2020). Transition to Online Education in Schools during a SARSCoV-2 Coronavirus Pandemic in Georgia. Pedagogical Research, 5(4).
.Binti Maunah. (2018). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Teras
Burhan, B., Malik, A. R., Rusdin, D., & Marzuki, M. (2021). Analysis of Parent-Teacher Communication Toward the Students’ Reading Comprehension. BAHTERA : Jurnal Pendidikan Bahasa & Sastra, 20(1), 42–51.
Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(01), 152–159.
Chan, J. F., Yuan, S., Koh, K. H., To, K. K., Chu, H., Yang J., … Yuen, K. Y. (2020). A Familial Cluster of Pneumonia Associated with The 2019 Novel Coronavirus Indicating Person-To-Person Transmission: A Study Of Family Cluster. Lancet. 395(10223):514523
Daryanto. 2015. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.
Dai, L., & Wang, L. (2015). Review Of Family Functioning. Open Journel of Social Sciences, 3, 134-141.
Diana, P. Z., Wirawati, D., Rosalia, S. (2020). Blended Learning Dalam Pembentukan Kemandirian Belajar. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran 9(1), 16-22, 2020.
Elah Nurelah. 2016. Kemandirian Belajar dan Kecerdasan Interpersonal dengan Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas V SDN di Wilayah Binaan UV Pulogadung Jakarta Timur. Jurnal Pendidikan Dasar
Epstein, J. L., & Becker, H. J. (2018). Teachers’ Reported Practices Of Parent Involvement: Problems And Possibilities. School, Family, And Community Partnerships, Student Economy Edition: Preparing Educators and Improving Schools, 83(2), 115–128.
Evi Nurwahidah.2017. Pengaruh Metode Pembelajaran dan Konsep Diri terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Pendidikan Dasar
Fitroturrohmah, M., & Azizah, M. (2019). Hubungan Peran Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi Sdn Kedung 01 Jepara. 2(September).
Grant, K.B., & Ray,J.A. (2012). Home, School, And Comunnity Collaboration. California:Sage
Gunawan,Rudy. 2013. Pendidikan IPS. Bandung: Alfabeta.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Harahap, F. I. N (2018). Pengaruh Hasil Program Parenting dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Al Muaddib
Haerudin, H., Cahyani, A., Sitihanifah, N., Setiani, R. N., Nurhayati, S., Oktaviana, V., & Sitorus, Y. I. (2020). Peran Orangtua Dalam Membimbing Anak Selama Pembelajaran Di Rumah Sebagai Upaya Memutus Covid-19. Jurnal Stastistika Inferensial, 1–12.
Harianti, R., & Amin, S. (2016). Pola Asuh Orangtua Dan Lingkungan Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Curricula: Journal of Teaching and Learning, 1(2), 20-29
Hollingworth, S., Mansaray, A., Allen, K., & Rose, A. (2011). Parents’ Perspectives On Technology And Children’s Learning In The Home: Social Class And The Role Of The Habitus. Journal Of Computer Assisted Learning, 27(4), 347–360.
Jamil, H (2014). Pengaruh Lingkungan Kelarga dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Akuntasi Siswa X SMK Negeri 1 Solok Selatan.
Juliya, M. and Herlambang, Y. T. (2021) ‘Analisis Problematika Pembelajaran Daring XII(1), pp. 281–294.
Larzelere, R.E., Morris, A.S.E., & Harrist. A.W. (2013). Authoritative Parenting: Synthesizing Nurturance And Discipline For Optimal Child Development (pp. 61–88). Washington DC: American Psychological Association
Nazerly, M.K (2020). Implementasi Zoom, Google Clasroom, dan WhatsApp Group Dalam Mendukung Pembelajaran Daring (Online) Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris: Jurusan Administrasi Bisnis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bina Sa. Aksara Publik.
Noble, K. G., Houston, S. M., Brito, N. H., Bartsch, H., Kan, E., Kuperman, J. M., Akshoomoff, N., Amaral, D. G., Bloss, C. S., Libiger, O., Schork, N. J., Murray, S. S., Casey, B. J., Chang, L., Ernst, T. M., Frazier, J. A., Gruen, J. R., Kennedy, D. N., Van Zijl, P., … Sowell, E. R. (2015). Family Income, Parental Education And Brain Structure In Children And Adolescents. Nature Neuroscience, 18(5), 773–778.
Nurkholis. (2020). Dampak Pandemi Novel-Corona Virus Disease (Covid-19): Surabaya.
Puspitawati, H. (2013). Konsep dan Teori Keluarga Gender dan Keluarga: Bandung.
Rakhmawati, I. (2015). Peran Keluarga dalam Pengasuhan Anak. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6(1).
Rohayani, F. (2020). Menjawab Problematika Yang Dihadapi Anak Usia Dini di Masa. Qawwam : Jurnal for Gendder Mainstreaming, 14(1), 29–50.
Sarwar, S. (2016). Influence Of Parenting Style On Children’s Behavior. Journal of Educational Development, 3(2), 222-249.
Setiawan, P. 2020. Pengertian E-learning Pengertian E-learning Menurut Para Ahli Karakteristik E-learning Manfaat E-learning.
Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Suarsini, Desy. 2013. Pola Asuh Orang Tua. Jakarta.
Syaharuddin, S. (2020). Pembelajaran Masa Pandemi: Dari Konvensional ke Daring.
Teguh, M. (2015). Difusi Inovasi dalam Program Pembelajaran Jarak Jauh di Yayasan Trampril Indonesia. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyaakat Universitas Kristen Petra.
Trisiana, A. (2015). Optimalisasi Belajar Mandiri Tata Pamong (Tinjauan Kritis dan Pengembangan Terhadap Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia yang Berkarakter). Widya Wacana: Jurnal Ilmiah, 9(2).
Trisnawati, W., & Sugito, S. (2020). Pendidikan Anak dalam Keluarga Era Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 823–831.
Valeza, Alsi Rizka. 2017 Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Anak di Perum Tanjung Raya Permai Kelurahan Pematang Wangi Kecamatan Tanjung Senang Bandar Lampung. Lampng: Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam UIN Raden Intan Lampung.
Warti, E. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma.. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 177–185.
Zahrok, S., & Suarmini, N. W. (2018). Peran Perempuan Dalam Keluarga. IPTEK Journal of Proceedings Series.
Zhou, W. (2020). Buku panduan pencegahan coronavirus: 101 tips berbasis sains yang dapat menyelamatkan hidup anda.
Published
2021-07-15
How to Cite
Cahyani, R. (2021). Peran Lingkungan Sosial Keluarga Terhadap Hasil Belajar IPS Peserta Didik Selama Pandemi Covid-19. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 1(1), 26 - 40. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/41756
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 579
PDF Downloads: 411