Analisis Pemahaman Konsep Siswa SMP Pada Mata Pelajaran IPS Dengan Menggunakan Metode Certainty Of Response Index

  • Surya Yani Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Pembelajaran Daring, Miskonsepsi , dan Certainty of Response Index

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang pemahaman konsep siswa terhadap kehidupan sosial, ekonomi, dan kebudayaan perkembangan masyarakat Indonesia pada masa pra aksara KD 3.4 pada siswa kelas VII SMP Lab YDWP Unesa pada pembelajaran daring yang diukur dengan metode certainty of response index (cri). Penelitian membahas tentang permasalahan pemahaman konsep siswa tentang konsep sosial, konsep ekonomi, dan konsep kebudayaan pada masyarakat praaksara kelas VII melalui pembelajaran daring. Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dan teknik analisis CRI diperoleh hasil sebagai berikut dari konsep sosial jawaban benar CRI rendah terdapat 100% (tidak mengetahui konsep), jawaban salah CRI rendah terdapat 42,8% (tidak memahami konsep), dan jawabansalah CRI tinggi tedapat 57,1% (miskonsepsi). Dari konsep ekonomi jawaban benar CRI rendah terdapat 100% (tidak mengetahui konsep), jawaban salah CRI rendah terdapat 80,9% (tidak memahami konsep), dan jawaban salah CRI tinggi tedapat 19,4% (miskonsepsi). Dari konsep kebudayaan jawaban benar CRI rendah terdapat 100% (tidak mengetahui konsep), jawaban salah CRI rendah terdapat 66,6% (tidak memahami konsep), dan jawabansalah CRI tinggi tedapat 33,3% (miskonsepsi). Jadi rerata dari semua konsep tersebut dari jawaban benar CRI rendah terdapat 100% (tidak mengetahui konsep), jawaban salah CRI rendah terdapat 52,3% (tidak memahami konsep), dan jawabansalah CRI tinggi tedapat 47,6% (miskonsepsi).

References

Arifin, Fatkhul; Tatang Herman. (2018). Pengaruh Pembelajaran E-Learning Model WEB Centric Course terhadap Pemahaman Konsep dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Jurnal: Pendidikan Matematika. Vol 12, No 2.
Arkib, Irwan;. (2016). Implementasi Teori Belajar Robert Gagne dalam Pembelajaran Konsep Matematika (Suatu Alternatif Kegiatan Mengajar Belajar Konsep Matematika). Lembaga Perpustakaan dan Penerbitan Universitas Muhammadiyah Makassar.
A'yun, Qurrota; Harjito; Murbangun, Nuswowati. (2018). Analisis Miskonsepsi Siswa Menggunakan Tes Diagnostic Multiple Choice Berbantuan CRI (Certainty of Response Index. Jurnal: Inovasin Pendidikan Kimia. Vol 12, No 1.
Dazrulissa; Arief, Aulia Rahma; Wulan Violita. (2019). Kesalahan Konsep Siswa Pada Materi Persamaan Linear Berdasarkan Metode CRI (Certainty of Response Index) . Jurnal: Genta Mulia. Vol 12, No 1.
Fadillah, Syarifah;. (2016). Analisis Miskonsepsi Siswa SMP dalam Materi Perbandingan dengan Menggunakan Certainty of response Index (CRI). Jurnal: Pendidikan Informatika dan Sains. Vol 5, No 2 .
Handarini, Oktafia Ika; Siti. Sri Wulandari. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal: Pendidikan dan Administrasi Perkantoran. Vol 8, No 3.
Laksmi, Dewi;. (2017). Rancangan Program Pembelajaran Daring di Perguruan Tinggi Studi Kasus pada Mata Kuliah Kurikulum Pembelajaran di Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal: Edutech. Vol 16, No 2.
sPrasetya, Sukma Perdana;. (t.thn.). Memfasilitasi Pembelajaran Berpusat Pada Siswa.
Ramanta, Deka; Febi Dwi Widayanti. (2020). Pembelajaran Daring di Sekolah Menengah Kejuruan Putra Indonesia Malang pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Mengkukuhkan Peran Eksistensi Peran BK PascaPandemi Covid 19 di Berbagai Pendidikan.
Sofyana, Abdul Rozaq;. (2019). pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Wathsaap pada kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal: Nasional Pendidikan Teknik Informatika. Vol 8, No 1.
Sukardi, T. (2019). Revitalisasi Pendidikan IPS di Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Suprijono, Agus;. (2017). Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Syarifudin, Albitar Septian;. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak di Terapkannya Social Distancing. Jurnal: pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol 5, No 1.
Ulfah, Siti; Harina, Fitriyani. (t.thn.). Certainty of Response Index: Miskonsepsi Siswa SMP Pada Materi Pecahan.
Zaiyyinah, Fatimul Munawaroh; Irsad Rosidi. (2018). Identifikasi Miskonsepsi Siswa SMP dengan Certainty of Response Index (CRI) Pada Konsep Suhu dan Kalor. Science Education National Conference.
Published
2021-10-12
How to Cite
Yani, S. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Siswa SMP Pada Mata Pelajaran IPS Dengan Menggunakan Metode Certainty Of Response Index. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 1(1), 69 - 76. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/43029
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 385
PDF Downloads: 178