Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Ips Menggunakan Model Pembelajaran Partisipatif

  • MUHAMMAD ZAINAL ABIDDIN Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Peran Guru, Partisipatif, Minat Belajar.

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena adanya minat belajar siswa pada mata pelajaran ips yang kurang maka dari itu peran guru diperlukan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran ips menggunakan model pembelajaran partisipatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peran guru sebagai motivator agar meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Labschool UNESA melalui model pembelajaran partisipatif dan mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat guru sebagai motivator. Penelitian ini menggunakan model penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan teks analisis. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa peran guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran ips memiliki peran diantaranya penggunaan media, pengorganisasian kelas dan menstimulus untuk memunculkan sikap partisipasi siswa pada mata pelajaran IPS dari semua peran guru di atas, bahwa yang dilakukannya sesuai dengan model pembelajaran partisipatif. Ada beberapa faktor pendukung guru saat pembelajaran meliputi: pemanfaatan teknologi yang sebaik mungkin dan efektif, kondisi emosional siswa yang baik, kondisi lingkungan yang mendukung, kualitas guru yang baik. Dan beberapa faktor penghambatnya meliputi: system pembelajaran jarak jauh yang kurang efektif, terkendala teknologi yakni: jaringan internet yang lambat, kondisi emosional yang kurang baik.

References

Aini, H. N. (2016). Peran Guru Dalam Memengaruhi Minat Belajar PKN Pada Siswa Kelas IV Di SDN
Meijing 2 Ambarketawang Gamping Sleman Tahun Ajaran 2015/2016. Yogyakarta: FKIP
Universitas PGRI Yogyakarta.
Djaali. (Psikologi Pendidikan). 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Hidayat, B. (2020). Tinjauan Historis Pendidikan IPS Di Indonesia. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia,
147-154.
Indradi, A. (2018, Februari 14). Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Membosankan Dan Bikin
Ngantuk? Retrieved from Jateng Pos.co.id: http://jateng.co.id/pelajaran-ilmu-pengetahuansosial-ips-membosankan-dan-bikin-ngantuk/
Masyfu', J. (2017). Kebijakan Pemerintah Dalam Meningatkan Mutu Pendidik Pendidikan Agama
Islam. DAR EL-ILMI: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan dan Humaniora, 188-207.
Mulyasa, E. (2006). Implementasi Kurikulum 2004 Panduan Pembelajaran KBK . Bandung: Remaja
Rosdakarya
Nenggala, A. (2018). Meningkatkan Minat Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Dengan Menggunakan Model
Kooperatif Tipe NHT ( Numbered Head Together ) Pada Siswa Kelas III SD Negeri 111/1 Muara
Bulan. Jambi: FKIP Universitas Jambi.
Rahmad. (2016). Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS ) Pada Sekolah Dasar. Muallimuna Jurnal
Madrasah Ibtidaiyah, 67-78.
Roesmaningsih, M., & Susarno, L. H. (2017). Teori dan Praktek Pendidikan . Surabaya: Lembaga
Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan.
Sardiman, A. (1990). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Sari, W. N., Mutono, & Ismaya, E. A. (2021). Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi dan
Minat Belajar Kelas V SDN Tambahmulyo 1. Jurnal Inovasi Peneliian, 2255-2262.
Sariah. (2012). Kegiatan Belajar Partisipatif. Jurnal Pemikiran Islam, 45-50.
Supardi, & dkk. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar
Fisika. Formatif: Journal Ilmiah Pendidikan MIPA.
Trisdiono, H. (2015, Februari 18). Pembelajaran Aktif dan Berpusat Pada Siswa Sebagai Jawaban Atas
Perubahan Kurikulum dan Pelaksanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar . Retrieved from LPMP
Jogja: http://lpmpjogja.kemdikbud.go.id/pembelajaran-aktif-dan-berpusat-pada-siswasebagai-jawaban-atas-perubahan-kurikulum-dan-pelaksanaan-pembelajaran-di-sekolahdasar/
Turahman, A. (2016). Implementasi Pembelajaran Partisipatif Pada Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah di
Salatiga. Semarang: Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas
Negeri Semarang.
Wulandari, T. (2020). Teori Progesivisme John Dewey dan Pendidikan Partisipatif Dalam
Pendidikan Islam. At Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 72-86.
Published
2022-01-30
How to Cite
ABIDDIN, M. (2022). Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Ips Menggunakan Model Pembelajaran Partisipatif. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 2(1), 12 - 22. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/44523
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 363
PDF Downloads: 678