Pengaruh Lingkungan Sosial Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran IPS Di Kabupaten Jombang

  • Sri Murni Hidayati Unesa
Keywords: Lingkungan Sosial, Hambatan Belajar, Mikrosistem

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sosial (mikrosistem Bruffrenbruner) terhadap hambatan peserta didik pada saat pembelajaran daring selama masa pandemi pada mata pelajaran IPS di Kabupaten Jomabang yang dibagi menjadi lima variabel yakni keluarga, sekolah, teman sebaya, tetangga, lingkungan sosial, pada penelitian ini memakai metode kuantitatif eksplanatif. Penelitian eksplanatif adalah metode yang menjelaskan tentang hubungan antar variabel satu dengan variabel yang lainnya dengan melakukan pengujian hipotesis untuk membuktikannya. Pada penelitian ini angket dipilih untuk mengambil data dan dibagikan ke lima sekolah tingkat SMP berbeda di wilayah Kabupaten Jombang. Kemudian data dikelola menggunakan teknik analisis jalur dengan bantuan aplikasi Amos. Hasil penelitian ini menujukan bahwa lingkungan sosial memiliki pengaruh hambatan belajar dengan besaran pengaruh yakni variabel keluarga, sekolah, dan demna sebaya dengan koefisien determinan sebesar 0,68 atau 68%, untuk variabel tetangga sebesar 0,77 atau 77% dan untuk lingkungan tempat tinggal sebesar 0,63 atau 63%. Hasil dari analisis tersebut menunjukan bahwa lingkungan sosial memilki pengaruh menghambat belajar peserta didik dalam pembelajaran daring saat masa pandemi pada mata pelajaran IPS di Kabupaten Jomabang.

References

Ahmed, R. (2018). effects of online education on encoding (pp. 42–48).
Akdon, Riduwan, & Kuncoro, E. A. (2017). Path Analysis (Analisis Jalur) (B. Alma (ed.); ke-7). Alfabeta.
Anugrahana, A. (2020). Hambatan , Solusi dan Harapan : Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Pendidik Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289.
Di Pietro, G., Biagi, F., Costa, P., Karpiński, Z., & Mazza, J. (2020). The Likely Impact of COVID-19 on Education: Reflections based on the Existing Literature and Recent International Datasets. In Publications Office of the European Union, Luxembourg: Vol. EUR 30275 (Issue JRC121071). https://doi.org/10.2760/126686
Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahapeserta didik Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496–503.
Hanum, F., & Yanuarita, H. A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Dalam Jaringan ( Daring ) Selama Pandemi Covid-19. 4(4).
Härkönen, U. (2007). The Bronfenbrenner ecological systems theory of human development. In Scientific Articles of V International Conference PERSON.COLOR.NATURE.MUSIC (pp. 1–19).
Hidayah, A. A. F., Al Adawiyah, R., & Mahanani, P. A. R. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19. JURNAL SOSIAL :Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 21(September), 53–56. http://sosial.unmermadiun.ac.id/index.php/sosial/article/view/61
Mastura, & Santaria, R. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pengajaran bagi Pendidik dan Peserta didik Pendahuluan. Jurnal Studi Pendidik Dan Pembelajaran, 3(2), 289–295.
Mujahidah. (2015). Implementasi teori ekologi Bronfenbrenner dalam membangun pendidikan karakter yang berkualitas. Lentera, IXX(2), 171–185.
Nguyen, T. (2015). The Effectiveness of Online Learning: Beyond No Significant Difference and Future Horizons. MERLOT Journal of Online Learning and Teaching, 11(2), 309–319.
Qurrotaini, L., & Sundi, V. H. (2020). Analisis Faktor Hambatan Penerapan IPS SD pada Pembelajaran Daring.
Sabrela, S., & Agustina, D. (2020). Pendampingan Pembelajaran Daring pada Peserta didik Jenjang SD / MI di Desa Kedungboto Jogoroto Jombang. 1(1), 13–15.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Herikurniawan, H., Sinto, R., Singh, G., Nainggolan, L., Nelwan, E. J., Chen, L. K., Widhani, A., Wijaya, E., Wicaksana, B., Maksum, M., Annisa, F., Jasirwan, C. O. M., & Yunihastuti, E. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45. https://doi.org/10.7454/jpdi.v7i1.415
Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314
Taib, Z. (2013). ANALISIS FAKTOR PENGHAMBAT PROSES BELAJA MENGAJAR. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Published
2022-01-30
How to Cite
Hidayati, S. (2022). Pengaruh Lingkungan Sosial Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran IPS Di Kabupaten Jombang. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 2(1), 45 - 56. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/44616
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 126
PDF Downloads: 275