Pengembangan Media E-comic Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPS

  • Ulfa Yusiana Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Pengembangan, E-comic, Masa Perundagian

Abstract

Media berbasis digita adalah e-comic yang dapat diakses secara online melalui smartphone. Dikembangkan untuk media pembelajaran serta meningkatkan hasil belajar pada materi masa perundagian di Indonesia dalam pembelajaran IPS di SMP Labschool YDWP Unesa Surabaya. Penggunaan e-comic layak dan efektif dalam kegiatan pembelajaran. Model penelitian yang digunakan adalah model ADDIE yaitu analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate. Metode uji kelayakan menggunakan angket yang diberikan kepada validasi materi dan validasi media. Desain penelitian menggunakan One Group Pretest Posttes yaitu kelas 7A dan7B. Teknik uji efektifitas melalui uji normalitas, uji paired sample T-test, dan uji N-gain. Uji keefektifan penggunaan media e-comic pada data normalitas dengan Shapiro-Wilk menunjukan signifikan pada kelas 7A sebesar 0.038 (pretest), 0.023 (posttes) dan kelas 7B sebesar 0.281 (pretest) 0.020 (posttest) yang menunjukan signifikan > 0.05 (berdistribusi normal). Uji Paired Sampel T-test kelas 7A dimana thit 10.378 > ttabel 2.069, kelas 7B thit 7.218 > ttabel 2.069 diperoleh tingkat signifikan (2-tailed) 0.000 < 0.05 maka terdapat perbedaan yang nyata antara pretest dan posttest. Uji N-gain kelas 7A sebesaar 0.40 dan 7B sebesar 0.42 yang menunjukan rentang antara 0,30 < n > 0,70. Hasil uji lapangan menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan media e-comic efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.

References

Alfiani, F. dkk (2018) ‘Pengembangan Webtoon untuk Pembelajaran IPS (ekonomi) di SMP’, Ecogen, 1(2), 439–449.
Aman (2011) Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak.
Ambaryani, G. S. A. (2017) ‘Pengembangan Media Komik untuk Efektivitas dan Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Materi Perubahan Lingkungan Fisik’, Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 3(1), 19–28.
Ardiansyah, s., Ertikanto, C., & Rosidin, U. (2019) ‘Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Kontekstual Berbasis Multiple Representations Pada Materi Fluida Statis Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa’, JurnalPendidikan Fisika, 7(2), 265–278. Available at: doi:10.24127/jpf.v7i2.1489.
Irawati, E., & Susetyo, W. (2017) ‘implementasi undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional di blitar’, Jurnal Supremasi, 7(1), 3. Available at : https://doi.org/10.35457/supremasi.v7i1.374.
Kurniawati, E. (2021) ‘Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli untui Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn’, pedagogi: jurnal pendidikan dan pembelajaran, 1(1), 1–5.
Mustafia, I., & Widodo,S. (2018) ‘Promblem Solving Skill: Effectiveness On Think Piar Share With Comic’, Internasional Journal On Teaching and Learning Mathematics, 1(2), 76.
Nella, S., & Sylvia. (2020) ‘pengembangan media komik pada mata pelajaran sosiologi untuk meningkatkan pemahaman siswa’, Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 1(3), 228–238. Available at: https://doi.org/10.24038/sikola.v1i3.32.
Prasetya, S., & Oktavia, N. (2018) ‘PENGARUH KARAKTERISTIK SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR’, Prosiding Seminar Nasional Jurusan BK UNESA, 178–187.
Praseyta, S. (2017) ‘Pengembangan Buku Teks Model Phil Gersmehl Pada Mata Kuliah Kosmografi Ditinjau dari Kelayakan dan Keefektifan’, JurnalGeografi, 15(1), 45–58. Available at: http://geo.fish.unesa.ac.id/berkas/sukma/buku_teks_phil.pdf.
Rizka, A., & Fadholi, A. (2015) ‘Teori Behavioristik’. Available at: http://eprints.umsida.ac.id.
Ryandi, D. (2020) ‘Survei Kemendikbud, 20 Persen Siswa Kehilangan Kompetensi Belajar’, Jawa Pos. Available at: https://www.jawapos.com/nasional/pendidikan/22/01/2021/survei-kemendikbud-20-persen-siswa-kehilangan-kompetensi-belajar/ (Accessed: 4 June 2021).
Sativa (2011) ‘Empirisme, sebuah pendekatan penelitian arsitektual’, Inersia, 7(2), 115–123. Available at: https://journal.uny.ac.id.
Setiawan, M. andi dkk (2017) ‘Penggunaan media komik melalui model pembelajaran circ untuk meningkatkan hasil belajar pada materi ekosistem siswa kelas VII SMP Al-Maufi Tempurejo’, Bioshell, 6(1), 382–388.
Sugiyono (2018) Metode Penelitian Pendidikan. 27th edn. Bandung: Alfabeta.
Widoyoko, E. P. (2016) Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Published
2022-01-30
How to Cite
Yusiana, U. (2022). Pengembangan Media E-comic Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPS. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 2(1), 23 - 33. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/44636
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 655
PDF Downloads: 782