Goa Akbar Sebagai Sumber Ilmu Pengetahuan Sosial

  • Wafirohtun Nikmah Shinta Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Sumber Belajar IPS, Potensi, Goa Akbar, Aspek Geografi

Abstract

Sumber belajar IPS adalah segala sesuatu yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan belajar yang mencakup pengalaman yang telah dialami dan menimbulkan peristiwa yang dijadikan rujukan untuk mengumpulkan inforasi yang berkaitan dengan pembelajaran materi IPS. Goa Akbar merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Kabupaten Tuban yang terletak di Pusat Kota Tuban dan bisa dijadikan untuk salah satu sumber belajar IPS yang ada di sekolah. Namun, potensi Goa Akbar kurang dimanfaatkan masyarakat sekitar dalam pembelajaran yang berbasis pada objek wisata daerah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi Goa Akbar dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS yang ada di Kabupaten Tuban. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu potensi Goa Akbar dapat digunakan sebagai objek pembelajaran IPS dalam berbagai aspek yaitu aspek sosial, aspek geografi, aspek ekonomi yang tentunya memudahkan peserta didik untuk memahami objek dari aspek pembelajaran IPS yang didapatkan secara langsung. Manfaat dari aspek geografi yang diperoleh adalah peserta didik mengetahui stalagtit dan stalagmite, keberadaan habitat kelelawar, dan keberadaan karst yang terdapat di Goa Akbar. Peserta didik yang mengunjungi Goa Akbar secara tidak langsung juga membantu perekonomian masyarakat di sekitar Goa Akbar. Masyarakat di sekitar Goa Akbar juga melakukan kegiatan ekonomi dengan berdagang di sekitar Goa Akbar. Goa Akbar menjadi salah satu SPAD (sumber pendapatan asli daerah) multiplayer effect yang dirasakan oleh masyarakat sekitar, selain itu juga memajukan UMKM batik Gedog yang ada di Kabupaten Tuban. Sehingga dari beberapa manfaat yang terdapat di Goa Akbar dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS untuk peserta didik.

References

Gumilang, G. S. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bimbingan dan Konseling. Jurnal Fokus Konseling, 2(2). http://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/fokus/a

Laksmitasari, W. (2016). Museum Karst Di Kawasan Pegunungan Karst Pantai Indrayanti Penerapan Landscape yang Mengurangi Kerusakan Pada Pegunungan Karst. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/32541%0Ahttps://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/32541/11512040 Widiyaningtyas Laksmitasari.pdf?sequence=1

M. Fathurrahman Nurul Hakim, D. S. N. (2018). Faktor Yang Mempengaruhi Wisatawan Untuk Menikmati Wisata Minat Khusus. Jurnal Khasanah Ilmu, 11(1), 1–5. https://doi.org/https://doi.org/10.31294/khi.v9i2.5229

Miles, Matthew B., Huberman, A. M. (1992). Analisis data kualitatif buku sumber tentang metode- metode baru. Univ. Indonesia Press.

Moleong, L. J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Metodologi Penelitian Kualitatif, 564, 1–73.

Njatrijani, R. (2018). Kearifan Lokal Dalam Perspektif Budaya Kota Semarang Gema Keadilan Edisi Jurnal Gema Keadilan Edisi Jurnal. Gema Keadilan Edisi Jurnal 17, 5(September), 16– 31.

Octaviani, L. K. (2014). Pelestarian Ekowisata Alam Goa Pindul Bejiharjo Gunung Kidul Pendahuluan
(pp. 1–28).

Rahayu, Y. (2016). Kearifan Lokal Pantai Laut Selatan (Mitos Nyi Roro Kidul) Sebagai Desa Wisata dan Aset Kabupaten Sukabumi. Jurnal Media Wisata, 14(May), 31–48.

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin. 17(33), 81–95. Setrowati.

D., Junaidi, R. (2000). Analisis Routing Reservoir. Jurnal Teknik Lingkungan, 2(1).

Sunaryo, B. (2013). Kebijakan Pembangunan Destinasi Pariwisata Konsep dan Apikasinya di Indonesia (p.
138). Gava Media.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

TONI, H. (2018). POTRET REPRESENTASI PENGELOLAAN GOA PINDUL (Studi Representasi Pokdarwis Karya Wisata Tahun 2014). Journal of Governance, 3(1), 67–79. https://doi.org/10.31506/jog.v3i1.3008

Widiastuti, E. H. (2017). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Pembelajaran Mata Pelajaran Ips. Satya Widya, 33(1), 29. https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i1.p29-36

Yatim Riyanto, 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan.Surabaya: Penerbit SIC.
Published
2022-08-02
How to Cite
Shinta, W. (2022). Goa Akbar Sebagai Sumber Ilmu Pengetahuan Sosial. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 2(2), 1 - 8. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/45867
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 122
PDF Downloads: 285