PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VII SMP

  • Bagus Anang Ma'ruf Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Media pembelajaran 4D

Abstract

Pendidikan di era revolusi industi 4.0 merupakan pendidikan yang menuntut guru untuk bisa lebih kreatif dan inovatif dalam pengajaran. Salah satunya adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang modern sesuai dengan masanya, seperti aplikasi android. Penggunaan media ini bisa membuat pengajaran jadi lebih aktif dan tidak membosankan. Hal inilah yang melatar belakangi pembuatan multimedia interaktif berbasis android untuk mapel IPS kelas VII. Penelitian ini bertujuan untuk membangun media pembelajaran berbasis android untuk disiplin ilmu IPS. Metode pengembangan 4D digunakan untuk melakukan penelitian ini. Penelitian ini dilakukan di kelas VII SMP HangTuah 1 Surabaya tentang perkembangan bangsa Indonesia di masa praaksara. Media ini memuat lima menu utama yaitu, tujuan pembelajaran, materi, video pembelajaran, evaluasi, dan sumber belajar. Adapun hasil validasi dari media ini adalah rata-rata validasi dua guru IPS 4,6, rata-rata validasi dua dosen ahli 4,6, dan rata-rata nilai validasi 20 siswa 4,7. Berdasarkan hasil validasi tersebut, media pembelajaran multimedia interaktif berbasis android ini dapat dikatakan sangat baik dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

References

Bidang DIKBUD KBRI Tokyo. (2020, April 2). Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2003. Retrieved from Ristekdikti: http://lldikti3.ristekdikti.go.id/html/wp-content/uploads/2011/04/sisdiknas.pdf
Handarini, Oktafia Ika; Siti. Sri Wulandari. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal: Pendidikan dan Administrasi Perkantoran. Vol 8, No 3.
Kemendilbud, S. (2021, 2 18). Surat edaran Nomor 15 Tahun 2020 tentang pedoman penyelenggaraan belajar dari rumah. Retrieved from Retrived from Hukum online: https://covid19.hukumonline.com/wp-content/uploads/2020/07/surat_edaran_sekertaris_jendral_kementrian_pendidikan_dan_kebudayaan_nomor_15_tahun_2020.pdf
Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Suderman, 28-43.
Munir. (2012). Multimedia: Konsep & Aplikasi dapam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Pradana, S. P. (2018). Memfasilitasi Pembelajaran Berpusat Pada Siswa.
Puspitarini, Y. D., Akhyar, M., & Djono. (2019). Development of Video Media Based on Powtoon in Social Sciences. International Journal of Educational Research Review, 198-205.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suparni. (2016). Upaya meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Menggunakan Bahan Ajar Berbasis Integrasi Interkoneksi. Jurnal Derivat, 40-58.
Surani, D. (2019). Studi Literatur : Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pendidikan 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (pp. 456-459). Banten: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Published
2022-08-02
How to Cite
Ma’ruf, B. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VII SMP. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 2(2), 73 - 80. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/47653
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 306
PDF Downloads: 167