Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Sosial Berbasis Blended Learning Pada Mata Pelajaran IPS Guna Meningkatkan Literasi Digital Siswa
DOI:
https://doi.org/10.26740/penips.v2i2.48218Keywords:
Model pembelajaran inkuiri sosial berbasis blended learning, Pembelajaran IPS, Kemampuan literasi digitalAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis efektivitas dari penggunaan model pembelajaran inkuiri sosial berbasis blended learnig terhadap kemampuan literasi digital pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Peterongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian Pre-Eksperimental Design metode one-group pretest-posttest design dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah variable bebas (X) berupa pembelajaran inkuiri sosial, dan variable terikat (Y) kemampuan literasi digital. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMPN 2 Peterongan, dengan siswa kelas VIII-G sebagai subjek penelitian. Instrumen (alat) yang digunakan dalam penelitian adalah soal pretest dan posttest materi kemampuan literasi digital pada mata pelajaran IPS. Data dianalisis menggunakan uji paired sample t test dan uji N-Gain Score. Hasil penelitian menyatakan bahwa rerata nilai pretest kemampuan literasi digital siswa sebesar 45,38 dan rerarta nilai posttest sebesar 87, dengan sig. (2.tailed) sebersar 0,000 < 0,05, dan rerata nilai N-Gain sebesar 0,76, yang berarti pembelajaran inkuiri sosial berbasis blended learning pada mata pelajaran IPS efektif mencapai tujuan peningkatan kemampuan literasi digital dengan dibuktikan hasil tes yang signifikan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

