Pengaruh Media Quizlet terhadap Pemahaman Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran IPS Materi Praaksara
The Influence of Quizlet Media on Students' Cognitive Understanding in Social Studies Subjects of Pre-Literacy Material
DOI:
https://doi.org/10.26740/penips.v2i2.48364Keywords:
Quizlet, Cognitive Comprehension, Social StudiesAbstract
Penelitian ini didasarkan pada teori kerucut pengalaman milik Edgar Dale sebagai landasan penggunaan media pembelajaran dan teori yang dikemukakan oleh Benyamin S. Bloom atau dikenal dengan taksonomi Bloom sebagai landasan mengenai pemahaman atau ranah kognitif. Kerucut pengalaman Dale biasanya digunakan untuk menentukan alat atau media yang tepat untuk pembelajaran guna mendapatkan pengalaman belajar yang sesuai dengan karakteristik siswa, sedangkan Bloom dalam teorinya membagi ranah belajar menjadi pengetahuan, sikap, serta tindakan. Lalu, ia mengkonsentrasikan pada ranah kognitif dan membaginya menjadi enam tingkatan dan pemahaman berada pada tingkat dua. Penelitian dilakukan guna mengetahui adanya pengaruh dari penggunaan media Quizlet terhadap pemahaman kognitif siswa pada mata pelajaran IPS pada materi praaksara. Karena kondisi saat ini yang mengharuskan adanya pemanfaatan penggunaan teknologi dalam kegiatan pembelajaran serta tuntutan dunia pendidikan yang semakin berkembang untuk mengikuti perkembangan zaman, maka pendidik diharapkan dapat menggunakan serta memanfaatkan alat atau media dalam kegiatan belajar-mengajar agar pembelajaran lebih interaktif, sehingga membuat pemahaman kognitif peserta didik meningkat. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif eksperimen dan desain dari penelitian ini yakni Pre-eksperimental Design berupa One-Group Pretest-Posttest Design. Populasinya yaitu seluruh kelas 7 SMPN 25 Surabaya yang berjumlah 344 siswa, sedangkan sampel penelitiannya yaitu kelas 7C yang berjumlah 36 siswa, lalu untuk teknik pengambilan sampelnya yaitu purposive sampling. Adapun hasil penelitian didapatkan dari uji regresi linier sederhana menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari adanya penggunaan media Quizlet terhadap pemahaman kognitif siswa pada mata pelajaran IPS materi praaksara dan didapatkan besarnya tingkat pengaruh media Quizlet terhadap pemahaman kognitif siswa yaitu sebesar 54,1 %.
Kata Kunci: Quizlet, Pemahaman Kognitif, IPS
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

