ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU IPS TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 10 SURABAYA
ANALYSIS OF PEDAGOGIC COMPETENCIES OF SOCIAL STUDIES TEACHERS ON THE LEARNING INTERESTS OF CLASS VIII STUDENTS IN SOCIAL STUDIES SUBJECTS AT SMP NEGERI 10 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/penips.v2i2.48365Keywords:
pedagogic competence, interest in learning, social studies subjects.Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui kompetensi pedagogik dan minat belajar peserta didik serta menganalisis pengaruh kompetensi pedagogik guru IPS terhadap minat belajar pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 10 Surabaya. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif berupa survey, ada dua variabel dalam penelitian yakni variabel independent kompetensi pedagogik (X) dan variabel dependent minat belajar (Y). Teknik pengambilan sampel penelitian memanfaatkan tipe probability sampling jenis proportional stratified random sampling. Adapun ukuran besarnya sampel minimal melalui penggunaan rumus Slovin dengan taraf signifikansi 5% didapatkan sejumlah 194 peserta didik. Uji validitas instrument dengan menggunakan teknik pearson correlation product-moment dan uji reliabilitas memanfaatkan rumus cronbach alpha melalui program aplikasi IBM SPSS Statistics 21. Uji prasyarat analisa data menggunakan uji normalitas serta uji linieritas. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji hipotesis memanfaatkan uji-t parsial dengan analisis regresi linier sederhana. Dari hasil analisis, uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0, 000 < 0, 05 yang berarti kompetensi pedagogik guru IPS berpengaruh signifikan terhadap minat belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran IPS SMP Negeri 10 Surabaya. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Y = 107, 27 + 0, 288 X. Besarnya sumbangan pengaruh variabel bebas ditentukan dari koefisien determinasi yang diperoleh dengan persentase sebesar 10, 3%.
Kata Kunci: kompetensi pedagogik, minat belajar, mata pelajaran IPS.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

