ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU IPS TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 10 SURABAYA

ANALYSIS OF PEDAGOGIC COMPETENCIES OF SOCIAL STUDIES TEACHERS ON THE LEARNING INTERESTS OF CLASS VIII STUDENTS IN SOCIAL STUDIES SUBJECTS AT SMP NEGERI 10 SURABAYA

  • Ama Fatmala Universitas Negeri Surabaya
Keywords: pedagogic competence, interest in learning, social studies subjects.

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui kompetensi pedagogik dan minat belajar peserta didik serta menganalisis pengaruh kompetensi pedagogik guru IPS terhadap minat belajar pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 10 Surabaya. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif berupa survey, ada dua variabel dalam penelitian yakni variabel independent kompetensi pedagogik (X) dan variabel dependent minat belajar (Y). Teknik pengambilan sampel penelitian memanfaatkan tipe probability sampling jenis proportional stratified random sampling. Adapun ukuran besarnya sampel minimal melalui penggunaan rumus Slovin dengan taraf signifikansi 5% didapatkan sejumlah 194 peserta didik. Uji validitas instrument dengan menggunakan teknik pearson correlation product-moment dan uji reliabilitas memanfaatkan rumus cronbach alpha melalui program aplikasi IBM SPSS Statistics 21. Uji prasyarat analisa data menggunakan uji normalitas serta uji linieritas. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji hipotesis memanfaatkan uji-t parsial dengan analisis regresi linier sederhana. Dari hasil analisis, uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0, 000 < 0, 05 yang berarti kompetensi pedagogik guru IPS berpengaruh signifikan terhadap minat belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran IPS SMP Negeri 10 Surabaya. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Y = 107, 27 + 0, 288 X. Besarnya sumbangan pengaruh variabel bebas ditentukan dari koefisien determinasi yang diperoleh dengan persentase sebesar 10, 3%.

Kata Kunci: kompetensi pedagogik, minat belajar, mata pelajaran IPS.

References

Alam, Y. (2018). Dampak Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada SMK PGRI 1 Palembang. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 3(2), 574-591.
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80-86.
Arikunto. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Auliya, L., & Lazim, N. (2020). The Development of MISS PPL (Advanced Microsoft Power Point) Learning Media at Elementary School. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 4(4), 703-714.
Bahari. (2020). Pedagogical Knowledge : Analisis Kemampuan Pedagogik Guru IPS dalam Merancang Pembelajaran. Indonesian Journal of Social Science Education, 2(1), 33-39.
Budiastuti, D., & Bandur, A. (2018). Validitas dan Reliabilitas Penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Eka, R. M., Marul, & Astuti. (2021). Analisis Perhatian Orang Tua terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 261-266.
Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). Analisis Minat Belajar pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(1), 6-11.
Hayati, A. S. (2020). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Dengan Sistem Daring pada Masa Pandemi di Desa Depokrejo, Kebumen. Tasyri’, 27(2), 23-32.
Hidayat, P. W., & Djamilah, B. W. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif dan Minat Belajar Siswa dalam Mengerjakan Soal Open Ended dengan Pendekatan CTL. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika., 13(1), 63-75.
Maipa. (2019). Hubungan Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Kepribadian Guru dengan Hasil Belajar IPS Peserta Didik SD Inpres Layang II Kota Makassar. Thesis. Makassar: Univeristas Negeri Makassar.
Mantiri, J. (2019). Peran Pendidikan Dalam Menciptakan Sumber Daya Manusia Berkualitas di Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Civic Education, 3(1), 20-26.
Meli, D., Mobonggi H, A., & Erwinsyah, A. (2019). Pengaruh Kompetensi Pedagogik terhadap Minat Belajar Siswa. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1), 71-85.
Menteri Pendidikan Nasional RI. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang standar kualifikasi akademi dan kompetensi guru.
Morissan. (2018). Metode Penelitian Survey. Depok: Prenada Media Group.
Muhassanah, N. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Di Banyumas. Utile: Jurnal Kependidikan, 6(1), 66-77.
Nabillah, T., & Abdi, A. P. (t.thn.). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika, (hal. 659-663). 2019.
Ningsih , P. W., & Febrina, D. (2021). Peran Orang Tua Terhadap Keberhasilan Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 9(2), 508-514.
Novauli, F. (2015). Kompetensi Guru dalam Peningkatan Prestasi Belajar pada SMP Negeri dalam Kota Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan, 3(1), 45-67.
Prasetya, W. A., & Supriyadi. (2021). Studi Kompetensi Pedagogik Calon Guru Biologi Di Uin Raden Intan Lampung Dan Kaitannya Dengan Pemahaman Terhadap Perkembangan Peserta Didik. Journal Of Biology Education, 4(1), 33-49.
Prayogo, B. (2019). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 15 Surabaya Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(1), 12-17.
Selfia, M., Beatus, M., & Naftali, M. (2018). Peran Orang Tua Dalam Miningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Sd Negeri Saribi. Jurnal EduMatSains, 2(2), 201-212.
Slameto. (2020). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Somantri, D. (2021). Abad 21 Pentingnya Kompetensi Pedagogik. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 18(02), 188-195.
Sriponi, K., Suardana, I., & Juniartina, P. P. (2021). Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri Se-Kecamatan Sawan terhadap Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 4(1), 36-47.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Published
2022-08-02
How to Cite
Fatmala, A. (2022). ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU IPS TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 10 SURABAYA. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 2(2), 117 - 130. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/48365
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 218
PDF Downloads: 209