Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Tema Awal Berdirinya Majapahit
DOI:
https://doi.org/10.26740/penips.v2i2.48457Keywords:
d32b6f23Abstract
Penelitian yang telah dilaksanakan bertujuan untuk (1) Menguji kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan yaitu komik kisah awal berdirinya Majapahit; (2) Mendeskripsikan respon praktisi pembelajaran IPS dan peserta didik terhadap kegunaan dan manfaat media komik kisah awal berdirinya Majapahit pada pembelajaran IPS; (3) Mengetahui efektivitas media yang dikembangkan yakni komik berdirinya Majapahit sebagai upaya meningkatkan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (R&D) yang meenerapkan model ADDIE yang dimulai dari tahap analisis kebutuhan, perancangan media, pengembangan media, implementasi media di lapangan dan evaluasi dari media yang dikembangkan. Penelitian menggunakan metode ini memerlukan 1 subjek yakni kelas besar untuk diberikan perlakuan pada tahapan implementasi. Kelas besar tersebut terdiri dari 47 siswa. Instrumen penelitian menggunakan angket penilaian media untuk validator ahli materi dan ahli media, serta praktisi pembelajaran IPS, kemudian untuk peserta didik diberikan lembar penilaian media dan lembar soal pretest - posttest. Hasil yang diperoleh dari penelitian terdiri atas (1) Hasil uji kepraktisan komik menunjukkan kepraktisan komik untuk digunakan dalam proses pembelajaran siswa, (2) Hasil uji kelayakan menurut penilaian dari para validator memperlihatkan bahwa media yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik dari aspek materi, bahasa, media dan keterpaduan sehingga cukup layak untuk dipergunakan dengan rata-rata skor 3,20 masuk kategori sangat layak, (3) Efektivitas media dapat ditunjukkan dari adanya ketidaksamaan hasil nilai pretest dan posttest peserta didik. Berdasarkan data dari Paired Samples Statistics menunjukkan rata-rata nilai pretest mencapai 44,23, sedangkan rata-rata nilai posttest mencapai 69,31, sedangkan nilai gain pretest-posttest menunjukkan rata-rata 0,39 masuk kategori sedang. Berdasarkan hasil Paired Samples Correlations, menunjukkan angka sig sebesar 0,164 dan angka korelasi 0,308. Sedangkan untuk hasil Paired Samples Test menunjukkan nilai P-value = 0,000 < ? = 0,05, berdasarkan uji hipotesis data tersebut menyebutkan telah ditolaknya Ho dan diterimanya Ha. Sehingga hasil tersebut memperlihatkan adanya ketidaksamaan yang berarti dari hasil rata-rata nilai pretest dan posttest. Dengan demikian, beberapa hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penelitian telah berhasil dilaksanakan dan media yang dikembangkan dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran IPS.
Kata Kunci : Media Pembelajaran Komik, Pembelajaran IPS, Berpikir Kritis
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

