Pengaruh Model Pembelajaran Game Based Learning Tipe Wordwall Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII SMP Pada Materi Kehidupan Masyarakat Masa Islam

The Influence of Wordwall Type Game Based Learning Learning Model on Concept Understanding of Class VII Junior High School Students in Islamic Community Life Materials

Authors

  • Dwi Sintya Nur Fadila Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/penips.v2i2.48487

Keywords:

Concept understanding, Wordwall, IPS

Abstract

Pemahaman konsep menurut Bloom ialah kategori dimana siswa dapat  mengklasifikasikan objek, kejadian dan ide-ide pada setiap objek. Dalam hal ini pembelajaran yang efektif ialah proses belajar yang memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengkontruksi sendiri informasi yang diperoleh. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui adakah  pengaruh  model pembelajaran game based learning tipe wordwall dan seberapa besar pengaruhnya dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep siswa pada materi Kehidupan Masyarakat Masa Islam. Penelitian ini menggunakan Quasy Eksperimental Designs dengan bentuk Nonequivalent [pretest posttest] Control Groups Design (NCGD). Populasi dalam penelitian ini ialah siswa kelas VII SMP Negeri 10 Surabaya dengan jumlah siswa 441 yang tersebar dalam 13 kelas. Dengan sampel yang dipilih yaitu 33 siswa kelas VII F sebagai kelas kontrol dan kelas VII H berjumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen pada semester genap tahun ajaran 2021/ 2022 berdasarkan teknik sampling purposive dengan melihat nilai rata-rata PAS siswa yang mendekati. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji independent sample t test dan perhitungan nilai N-gain pada SPSS 21 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran game based learning wordwall memiliki pengaruh 0,11 lebih tinggi jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep siswa kelas VII SMP Negeri 10 Surabaya dengan nilai signifikansi sebesar 0.01 < 0.05.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-08-02

How to Cite

Fadila, D. S. N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Game Based Learning Tipe Wordwall Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII SMP Pada Materi Kehidupan Masyarakat Masa Islam: The Influence of Wordwall Type Game Based Learning Learning Model on Concept Understanding of Class VII Junior High School Students in Islamic Community Life Materials. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 2(2), 171–180. https://doi.org/10.26740/penips.v2i2.48487

Issue

Section

ARTIKEL
Abstract views: 319 , PDF Downloads: 701